Resep Membuat Opor Entok Khas Magelang yang Nikmat dan Menggugah Selera

Resep Membuat Opor Entok Khas Magelang yang Nikmat dan Menggugah Selera

Resep Membuat Opor Entok Khas Magelang yang Nikmat dan Menggugah Selera -santihoesodo-Tangkapan layar Instagram

MAGELANGEKSPRES -- Magelang memiliki berbagai kuliner khas yang cita rasanya lezat. Opor Entok menjadi salah satu makanan khas Magelang yang wajib kamu coba. 

Kamu pasti sudah pernah mencoba opor ayam kan? Tapi, pernahkah kamu mencicipi opor entok? Kuliner khas Magelang yang satu ini sangat unik.

Berbeda dari kebanyakan opor yang mengunakan daging ayam sebagai lauk utamanya, opor di Magelang justru menggunakan daging entok. 

Daging entok ini memang terasa lebih empuk dan kenyal dibandingkan dengan daging ayam lho. Dengan teknik pengolahan yang tepat, membuatnya empuk dan nikmat. Opor entok terbuat dari santan dan tentunya daging entok yang membuat rasanya gurih dan kenyal

Tak heran, banyak orang yang jatuh cinta dengan opor entok, terutama para wisatawan yang sedang berkunjung ke Magelang. Yuk, cobain!

BACA JUGA:Fakta Unik Sate Kere Khas Solo, Ternyata Juga Ada di Magelang !

Di Magelang, kamu bisa dengan mudah menemukan opor entok di berbagai warung makan. Namun, jika kamu mencari rekomendasi terbaik, Warung Makan Opor Entok Johar Sari adalah tempat yang harus kamu kunjungi. Di sini, opor entok yang disajikan benar-benar menggugah selera.

Warung Makan Johar Sari ini berlokasi di Jl. Menowo Pucang, Cetokan Satu, Candiretno, Kec. Secang, Kabupaten Magelang, dengan jam buka pada pukul 08.00-20.00 WIB.

Tidak hanya opor entok, mereka juga menyajikan variasi menu lain seperti rica-rica entok, ingkung, entok bakar, dan bahkan entok goreng. Kamu bahkan bisa membawa pulang menu-menu lezat ini untuk dinikmati di rumah.

Yang membuat opor entok ini berbeda dengan opor ayam adalah cara penyajiannya. Pada opor ayam, daging ayam dan kuahnya dicampur menjadi satu, sedangkan pada opor entok, kuah dan daging entoknya dipisahkan.

Biasanya, opor entok disajikan bersama nasi putih, lalapan mentimun dan daun pepaya yang segar, serta sambal ijo jelantah yang pedasnya pas.

BACA JUGA:Aneka Rasa: Manis, Gurih, Segar! 3 Makanan Khas Purworejo yang Wajib Kamu Coba

Jika kamu belum sempat ke sana, kamu dapat membuat Opor Entok sendiri. Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak resep Opor Entog khas Magelang beserta cara pembuatannya di bawah ini! 

Bahan yang perlu disiapkan: 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: