Polisi Usut Pembuang Bayi Berbalut Kain Merah di Leksono Wonosobo, Begini Nasib Bayinya

Senin 02-01-2023,14:33 WIB
Reporter : Agus Supriyadi
Editor : Malik Salman

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Awal tahun 2023, masyarakat digegerkan dengan penemuan bayi yang dibuang di depan rumah Misngadi (61), warga Wonokerto, Leksono, Wonosobo. 

Bayi berjenis kelamin laki laki itu, ditemukan pemilik rumah pada Minggu (1/1/2023) pukul 21.00 WIB. Kondisi sehat, utuh, lahir normal dan dibalut dalam kain warna merah. 

"Polsek Leksono mengamankan sesosok bayi yang baru lahir, diduga kuat dibuang di depan rumah warga Wonokerto. Ini penelantaran anak, kita sedang usut," ungkap Kasie Humas Polres Wonosobo, AKP Slamet Prihatin, Senin (2/1/2023). 

Menurutnya, kejadian diketahui pada Minggu tanggal 1 Januari 2023 pukul 21.00.WIB. Didepan rumah Misngadi (61) alamat Wonokerto RT 04 RW 04 Leksono. 

"Pihak kades yang melaporkan penemuan itu, kemudian polsek Leksono tindaklanjuti melakukan olah TKP," terangnya. 

Dijelaskan, kronologi kejadian pemilik rumah atau saksi sedang menonton TV. Tiba tiba mendengar suara bayi. Semakin diperhatikan suara tersebut semakin jelas.

"Misngadi kemudian mematikan TV dengan maksud untuk mendengar lebih jelas arah suara bayi serta melihat keadaan di luar rumah,” katanya. 

“Alangkah kagetnya di teras rumah ada sesuatu terbungkus kain dan setelah diperhatikan ternyata kain tersebut digunakan untuk membungkus bayi yang masih hidup," tambahnya.

Atas penemuan bayi tersebut saksi segera memberitahukan kepada tetangga terdekat dan keduanya kemudian melaporkan penemuan itu kepada kepala Desa Wonokerto dan Polsek Leksono. 

"Kapolsek Leksono beserta 4 anggota segera mendatangi TKP dan bayi sudah mendapatkan pertolongan dari Bidan Desa Wonokerto  dengan cara diganti kain, diberikan popok, serta diberi minum susu, " ujarnya.

Dari informasi bidan Desa Wonokerto, bayi berjenis kelamin laki-laki dengan berat kurang lebih 2,5 Kg. Tali pusar sudah dipotong, tanpa palacenta serta lahir dalam usia kandungan yang sudah cukup. 

"Atas kejadian tersebut belum diketahui siapa orang tua/ibu kandung bayi. Sehingga untuk sementara bayi dirawat salah seorang warga setempat," katanya. 

Apabila tetap tidak diketemukan ibu kandungnya, akan sanggup diasuh sampai dewasa. Adapun untuk mengetahui ibu kandung bayi Polsek Leksono masih dalam penyelidikan lebih lanjut. (gus)

Kategori :