Pemkab Magelang Perbaiki 7 Rusak Akibat Bentrok Massa di Muntilan

Rabu 18-10-2023,17:00 WIB
Reporter : Heni agusningtiyas
Editor : Nur Imron Rosadi

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES - Sejumlah bangunan dan rumah yang terkena dampak bentrokan massa antara simpatisan salah satu parpol dengan ormas beberapa waktu lalu, mulai dilakukan perbaikan.

Pemerintah Kabupaten Magelang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) bersama OPD terkait terjun melakukan perbaikan (rehabilitasi), Rabu, 18 Oktober 2023.

Subkor Seksi Bangunan Gedung DPUPR Kabupaten Magelang, Kurniawan menyebut ada tiga rumah di wilayah Kecamatan Mungkid yang mengalami kerusakan. Sedangkan di Kecamatan Muntilan ada empat rumah dengan kerusakan yang sama seperti kaca, asbes dan eternit pecah.

BACA JUGA:Bentrokan di Muntilan Magelang Diyakini Tak Pengaruhi Hubungan Antara PDIP dan PPP di Tingkat Pusat

"Hari ini juga kita kerjakan untuk perbaikan dengan beberapa tukang yang kami kerahkan," kata Kurniawan.

Pengecekan dilakukan petugas dengan mendata serta mengukur pada sejumlah bangunan yang rusak di Dusun Kalangan, Desa Pabelan, Kecamatan Mungkid dan di wilayah Kecamatan Muntilan, lebih tepatnya di lokasi sekitar tikungan Wonolelo.

Salah satu warga Pabelan yang rumahnya terdampak kerusakan, Untoro menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kabupaten Magelang yang dengan sangat cepat dan sigap langsung memberikan bantuan perbaikan ini.

"Yang pertama saya ucapkan terima kasih kepada Pemkab Magelang yang dalam waktu tiga hari langsung memberikan bantuan perbaikan kepada rumah kami yang mengalami kerusakan," ucapnya.

BACA JUGA:Tak Ada Satupun Pelaku Bentrokan Muntilan yang Diamankan Polisi, Meski 6 Motor Dibakar

Untoro juga berharap agar kejadian yang telah menimpa rumahnya dan tetangganya itu tidak terulang kembali. Ia juga berterima kasih kepada jajaran Kepolisian dan TNI yang juga dengan sigap menghentikan bentrokan massa yang terjadi di Pabelan.

"Kami berharap supaya kejadian ini tidak terulang kembali, sehingga situasi tetap aman, nyaman dan tentram," imbuh Untoro.

Sementara Camat Mungkid, Shihabidin mengatakan, pengecekan dilakukan  Pemerintah Kabupaten Magelang mulai Rabu, 18 Oktober 2023, dalam hal ini DPUPR melakukan pengecekan di lapangan pada sejumlah bangunan yang terdampak kerusakan akibat bentrokan massa Minggu, 15 Oktober 2023 lalu.

"Untuk di wilayah Mungkid, ada tiga bangunan yang mengalami kerusakan yaitu, Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah dan dua rumah rusak seperti kaca dan asbes yang pecah," jelas Shihabidin.

BACA JUGA:Jangan Ditiru! Gegara Kecanduan Judi Online, Karyawan di Magelang Ini Gelapkan Uang Kantornya Rp1,1 Miliar

Selain itu, pihaknya secara periodik juga akan memberikan arahan melalui kepala desa dan kadus agar masyarakat di Desa Pabelan tetap tenang dan tidak terpancing emosi, sehingga kondusivitas masyarakat tetap terjaga.

Kategori :