Macam-Macam Buah dan Sayur yang Ampuh untuk Menurunkan Kolesterol

Minggu 22-10-2023,13:00 WIB
Reporter : Indah Cahyasari
Editor : Indah Cahyasari

Buah apel mengandung vitamin-vitamin yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, buah ini juga dapat membantu memperlambat oksidasi kolesterol jahat. Kandungan polifenol dan antioksidan dalam buah apel juga sangat bermanfaat untuk mencegah peradangan pada arteri atau pembuluh darah.

Dengan rajin mengonsumsi buah apel, kadar kolesterol dalam tubuh dapat turun ke tingkat yang normal dan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Sayuran hijau

Ada juga jenis sayuran yang dapat membantu menurunkan kolesterol yang bisa Kamu coba, yaitu sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung.

Sayuran hijau ini mengandung antioksidan yang dapat mengikat asam empedu yang berasal dari kolesterol, sehingga dapat mengurangi akumulasi kolesterol dalam darah.

Selain itu, mengonsumsi sayuran hijau secara rutin juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. 

BACA JUGA:Ini 10 Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Sudah Dipercaya Ratusan Tahun

Kacang-kacangan

Makanan yang bisa menurunkan kolesterol selanjutnya adalah kacang-kacangan. Adanya fitosterol pada kacang-kacangan dapat mengurangi penyerapan kolesterol jahat dalam darah.

Beberapa contoh kacang-kacangan yang bisa menurunkan kadar kolesterol adalah kacang almond dan kenari.

Meskipun memiliki manfaat yang baik, sebaiknya mengontrol porsi konsumsi kacang-kacangan karena tingginya kalori yang terkandung di dalamnya.

Terong

Terong mengandung asam klorogenat, sebuah senyawa antioksidan yang memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan.

Selain mencegah kanker, senyawa ini juga memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit.

Tidak hanya itu, asam klorogenat juga memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol LDL, yang sering disebut sebagai kolesterol jahat. 

Kategori :