Ini Dia Tips dan Resep Singkong Keju Renyah Merekah Anti Gagal!

Kamis 26-10-2023,18:45 WIB
Reporter : Adhitya Candra Kirana
Editor : Adhitya Candra Kirana

MAGELANGEKSPRES – Camilan populer yang satu ini paling cocok dinikmati saat berkumpul bersama teman atau keluarga. Baik versi manis atau asin, singkong keju yang renyah dan lembut pasti selalu jadi rebutan.

Camilan berbahan dasar umbi-umbian ini jadi favorit semua kalangan. Kehadirannya bisa ditemui di jajanan kaki lima hingga cafe bintang lima.

Singkong keju paling nikmat menjadi teman minum teh hangat atau kopi. Maka dari itu menu ini kerap nongkrong di warung kopi atau cafe-cafe.

Siapa sih yang tidak suka dengan tekstur singkong yang renyah dan lembut ketika digigit? Apalagi menu camilan ini  dapat dipadu padankan dengan berbagai topping.

Mulai dari yang manis seperti singkong keju coklat, singkong keju matcha, tiramisu, hingga topping asin seperti balado, jagung bakar, barbeque, dan sebagainya.

BACA JUGA:Cocok Buat Oleh-Oleh! Ini 3 Makanan Khas Magelang yang Terbuat dari Singkong

BACA JUGA:5 Oleh-oleh Khas Magelang Berbahan Singkong dan Ubi yang Recommended untuk Dibeli!

Meskipun bahannya mudah ditemui tetapi butuh teknik khusus loh untuk menghasilkan singkong keju yang merekah dan lembut. Kalau salah masak, singkong menjadi keras dan susah dikunyah.

Selain itu, jenis singkong yang akan diolah juga memengaruhi keberhasilan membuat sinkong keju yang empuk dan bisa merekah. Rahasianya adalah pilih singkong yang kulitnya mengelupas sedikit.

Hal ini justru bagus artinya kulit singkong dapat dengan mudah dilepas dari dagingnya. Kulit yang mudah dikelupas juga menghasilkan penampilan singkong yang mulus.

Selain itu hindari menggunakan singkong yang memiliki bintik hitam dan banyak seratnya. Pilihlah singkong yang berwarna putih bersih, karena itu menandakan singkong masih fresh.

Setelah bahan yang dipilih sudah dipastikan kualitas terbaik, saatnya mengolah singkong menjadi hidangan yang empuk, renyah, dan merekah.

Ini dia resep mengolah singkong keju renyah merekah anti gagal. Resep ini untuk sajian 8 porsi, cocok dibuat saat ada acara keluarga atau kumpul teman-teman. Simak selengkapnya ya!

BACA JUGA:Resep Es Mango Sago yang Lagi Viral, Cocok Untuk Melepas Dahaga di Cuaca Panas

Bahan-bahan :

  • Singkong 500 gram, kupas bersih lalu cuci
  • Air secukupnya untuk merebus
  • 4 siung bawang putih
  • Garam secukupnya
  • Kaldu bubuk secukupnya
  • 1 sdm mentega
  • Es batu
  • Minyak untuk menggoreng
Kategori :