Libur Sekolah, Objek Wisata Magelang Banjir Pengunjung

Rabu 10-07-2024,16:34 WIB
Reporter : Nur Imron Rosadi
Editor : Nur Imron Rosadi

MAGELANG,MAGELANGEKSPRES - Musim libur sekolah menjadi berkah bagi para pengelola wisata di Kabupaten Magelang. Beragam objek wisata ramai dikunjungi wisatawan, baik dari lokal maupun luar daerah. Salah satu yang paling menarik adalah Gunung Telomoyo, yang mencatat lonjakan pengunjung hingga 63 ribu orang sejak Juni lalu.

"Kenaikannya luar biasa, bahkan mencapai lebih dari 100% dibandingkan bulan-bulan biasa," ungkap Mul Budi Santoso, pengelola objek wisata Telomoyo.

Ia menambahkan bahwa Telomoyo menjadi primadona wisata di Magelang setelah Candi Borobudur, terutama di bulan Juni hingga September, saat momen terbaik untuk menikmati panorama sunrise yang menakjubkan.

BACA JUGA:8 Kisah Misteri Gunung Telomoyo, dari Puluhan Makam Tanpa Nama hingga Cerita Hantu Pencekik!

Bagi para pecinta fotografi, spot baru bernama Triangle Skyview menjadi daya tarik utama. Berada di ketinggian 1.800 mdpl, Triangle Skyview menawarkan pemandangan sunrise dan sunset terbaik di Telomoyo, dilengkapi dengan cafe untuk bersantai.

Untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung, terutama di akhir pekan, pengelola menerapkan sistem buka tutup.

"Pengunjung sudah mulai datang jam 4 pagi, jadi jam 9 pagi loket ditutup untuk kelancaran turunnya pengunjung yang menikmati sunrise," jelas Mul Budi.

Kapasitas ideal Telomoyo adalah 2.000 pengunjung per hari, demi kenyamanan dan keamanan bersama.

Bagi yang ingin menghindari keramaian, Mul Budi menyarankan untuk berkunjung di hari biasa (Senin-Jumat). Pengalaman wisata akan lebih leluasa dan puas,

BACA JUGA:4 Jalur Gunung Telomoyo untuk Motor hingga Pendakian!

Selain Telomoyo, objek wisata Nepal Van Java di Dusun Butuh, Kaliangkrik, Temanggung, juga mengalami lonjakan pengunjung hingga 500%.

"Setiap hari, kami menerima sekitar 500-1.000 wisatawan," ungkap Lilik Setiyawan, Kepala Dusun Butuh. Pengunjung didominasi wisatawan dari luar daerah, seperti Semarang dan Jakarta.

Meskipun cuaca masih belum stabil, Lilik mengajak wisatawan untuk berkunjung di pagi hari (jam 7-9 pagi) saat cuaca cerah untuk menikmati keindahan Gunung Sumbing.

Kenaikan wisatawan di berbagai objek wisata ini disambut baik oleh Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang.

BACA JUGA:5 Wisata Hits Magelang Ini Punya Destinasi Lain yang Jarang Orang yang Tahu!

Kategori :