Disebut Magelang Kota Lansia? Cek Fakta Uniknya Disini

Sabtu 27-07-2024,08:00 WIB
Reporter : Selia Dwi Amara
Editor : Selia Dwi Amara

MAGELANGEKSPRES -- Disebut dengan kota lansia, Magelang dinilai cukup ramah bagi kaum berusia senja.

Hal ini bukan sebatas asumsi semata namun kesejahteraan bagi para lanjut usia menjadi pemerhati tersendiri oleh pemerintah setempat.

Upaya pemberdayaan kelompok usia lanjut ini dilihat melalui peraturan UU RI No. 13 tahun 1998 tentang kesejahteraan lanjut usia yang digaungkan oleh pemerintah setempat.

Karena itu berikut 4 fakta unik Magelang yang membuatnya disebut sebagai kotanya bagi kaum lansia.

BACA JUGA:Tingkatkan Kesejahteraan Lansia, Dinkes Kota Magelang Wujudkan Program Kampung Santun Lansia

1.  Besarnya Harapan Hidup Penduduk Lansia di Magelang

Dilansir melalui data BPS Kabupaten Magelang pada 2022 tercatat penduduk lansia mengalami peningkatan taraf kesehatan dari tahun ketahun.

Fakta unik ini tentunya menjadi sebuah capaian terbaik pemerintah Kabupaten Magelang dalam menekan angka Usia Harapan Hidup para lansia.

Hal ini dilihat melalui indeks yang ada dimana adanya peningkatan presentase pada tahun 2018 (73,47) kemudian naik di tahun 2022 (74,03).

BACA JUGA:Pedagang Lansia di Pasar Rejowinangun Kota Magelang Khawatir dengan Sistem Digitalisasi Pembayaran Retribusi

Capaian ini merupakan hasil dari pengadaan pelayanan penduduk lansia seperti dengan Posyandu Lansia hingga dibentuknya Komnas dan Komda untuk kesejahteraan lansia.

2. Senam Lansia

Pengadaan senam lansia menjadi alternatif terbaik untuk memberdayakan kesejahteraan dengan memperdulikan aspek kesehatan.

Dilansir melalui selatan.magelangkota.go.id giat rutin tersebut diadakan kembali bersama Walikota Magelang dan Wakilnya, Camat, hingga Dinas Sosial di Alun-alun kota pada 6 Juni 2024.

Selain itu pengadaan senam lansia ikut rutin diberlangsungkan setiap hari Rabu dan Jumat oleh kelompok PKK Kec. Salaman di depan kantor SKB Salaman setiap pukul 07.00 WIB.

Kategori :