Wajah Baru Alun-alun Kebumen, Ada Permainan Anak Hingga Jogging Track

Selasa 30-07-2024,10:46 WIB
Reporter : Arief Setyoko
Editor : Arief Setyoko

KEBUMEN, MAGELANGEKSPRES -- Revitalisasi wajah baru Alun-alun Kebumen dilengkapi dengan sarana dan prasarana masyarakat seperti wahana permainan anak hingga jogging track.

Revitalisasi Alun-alun Pancasila Kebumen itu ditarget rampung pada Oktober 2024 mendatang. Saat ini, proses pengerjaan tengah dikebut agar tuntas sebelum batas waktu yang telah ditentukan.

Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto menyebut, progres pembangunan Alun-alun Pancasila Kebumen saat ini telah mencapai 75 persen.

BACA JUGA:Anak Pedagang Sate di Kebumen Lolos Jadi Taruna Akademi Militer Magelang

Beberapa bagian yang masih dalam tahap pengerjaan mencakup jalur jogging, area kebugaran, zona bermain anak, gapura Pancasila, serta panggung skateboard.

"Pengerjaan saat ini telah mencapai 75 persen. Diharapkan akan selesai sepenuhnya pada bulan Oktober. Fasilitas yang sedang dibangun meliputi lintasan jogging, area kebugaran, area bermain anak-anak, dan arena skateboard," kata Arif Sugiyanto, Minggu 28 Juli 2024.

Beberapa fasilitas yang ditambahkan itu, kata Arif Sugiyanto untuk memenuhi kreasi anak-anak muda.

BACA JUGA:MSIB Batch 7 dan Program MBKM Lainnya Tetap Berjalan Simak Timeline Terbarunya

Termasuk di antaranya Pemkab Kebumen turut membangun panggung skateboard, sehingga mereka tidak bermain secara terpencar yang bisa mengganggu kenyamanan masyarakat lain.

Selain itu, juga terdapat arena bermain anak. Kata Arif Sugiyanto, fasilitas permainan anak ini, menjadi upaya penyediaan Pemkab Kebumen terhadap ibu-ibu yang membawa serta anak-anak mereka ke Alun-alun.

"Di tempat ini akan terdapat plosotan, ayunan, enjot-enjotan, dan berbagai fasilitas lainnya. Semua orang, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa, dapat menikmati alun-alun ini," tuturnya.

BACA JUGA:9 Parpol Purworejo Terima Dana Bantuan Rp616,5 Juta

Tidak hanya itu, Alun-alun Pancasila Kebumen juga dirancang dengan ramah bagi kaum disabilitas. Bangunan alun-alun terlihat lebih rendah dari sebelumnya dan area mudah diakses dari semua sisi. Bahkan area parkir dapat langsung masuk ke alun-alun.

Pengerjaan Kapal Mendoan, tempat bagi para PKL, juga hampir selesai. Bupati menjamin semua PKL yang sebelumnya berada di Alun-alun akan dipindahkan ke Kapal Mendoan tanpa dikenakan biaya sepeser pun, alias gratis. Kapal Mendoan akan menjadi pusat kuliner Kebumen.

"Semua fasilitas di Alun-alun Pancasila disediakan secara cuma-cuma, termasuk Kapal Mendoan untuk para PKL. Semua kios juga disediakan secara gratis. Apabila ada yang meminta biaya, mohon laporkan kepada kami," pungkas Arif Sugiyanto. (*)

Kategori :