Keistimewaan Khadijah dan Aisyah, Dua Istri Rasulullah yang Begitu Spesial

Rabu 14-08-2024,07:00 WIB
Reporter : Abu Hammam
Editor : Suroso

BACA JUGA:Kisah-Kisah Romantisme Rasulullah yang Begitu Tawadhu Terhadap Istri-istrinya

Aisyah atau Khadijah yang lebih berjasa bagi umat?

Kata Ustadz Ammi, keduanya memiliki jasa besar bagi umat. Khadijah berjasa mendukung dakwah suaminya di awal islam, yang ketika itu umat islam masih sangat lemah keberadaannya.

Sementara Aisyah berjasa menyebarkan ajaran Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada para generasi setelahnya.

Dalam Bada’i al-Fawaid, Ibnul Qoyim menjelaskan,

ومنها أنه سئل عن خديجة وعائشة أمي المؤمنين ايهما أفضل فأجاب بأن سبق خديجة وتأثيرها في أول الإسلام ونصرها وقيامها في الدين لم تشركها فيه عائشة ولا غيرها من امهات المؤمنين

Ada yang bertanya tentang Khadijah dan Aisyah – dua ummul mukminin, mana yang lebih afdhal? Jawabannya, perjuangan Khadijah lebih awal dan jasa beliau di awal islam, serta pembelaan beliau terhadap agama yang itu tidak dialami Aisyah atau para istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lainnya.

Kemudian Ibnul Qoyim melanjutkan,

وتأثير عائشة في آخر الإسلام وحمل الدين وتبليغه إلى الأمة وإدراكها من العلم ما لم تشركها فيه خديجة ولا غيرها مما تميزت به غيرها

Sementara jasa Aisyah di akhir dakwah Islam. Beliau memahami agama dan menyampaikannya kepada umat manusia.

BACA JUGA:Hikmah di Balik Kisah Nabi Sulaiman yang Memiliki 100 Istri

Serta pemahaman beliau terhadap ilmu sunah, yang ini tidak terjadi pada Khadijah atau istri Nabi lainnya, yang ini menjadi kekhususan bagi Aisyah. (Bada’i al-Fawaid, 3/684)

Semoga Allah senantiasa memberikan taufik dan hidayah kepada kita sehingga bisa mengerjakan perintahNya dan meninggalkan laranganNya. (*)

Kategori :