Sinopsis Film Sumala yang Diangkat dari Kisah Nyata Tahun 1948!

Senin 19-08-2024,01:00 WIB
Reporter : Selia Dwi Amara
Editor : Selia Dwi Amara

MAGELANGEKSPRES -- Tayang pada 26 September 2024, Film Sumala diangkat dari kisah nyata pada salah satu daerah di Jawa Tengah yang terjadi di tahun 1948.

Kisah tersebut tepatnya ditulis oleh akun @bangbetzillustration pada platform X yang berupa postingan Treads.

Namun didalam postingannya akun tersebut juga menyertakan kisah nyata dari seorang lelaki bernama Pak Abdi yang mengaku pernah bertemu dengan sosok Sumala pada tahun 1976.

Akan tetapi belum diketahui dengan pasti apakah kisah dari Pak Abdi juga ikut disertakan kedalam rangakaian film.

Namun inilah sinopsis film Sumala berdasarkan unggahan trailer serta laman treads yang telah dicocokkan.

BACA JUGA:Gak Main-main! Freya JKT 48 Memulai Debut Filmnya Pada Kisah Nyata Eksorsisme di Indonesia

Sinopsis Film Sumala

Kisah nyata ini terjadi sekitar tahun 1948 oleh sepasang suami istri terpandang bernama Sulastri (Luna Maya) dan Soedjiman (Darius Sinathrya).

Kala itu keduanya belum dikaruniai seorang anak yang membuat sang istri tertekan dan memilih untuk mengambil jalan pintas.

Tidak berselang lama Sulastri kemudian dinyatakan tengah menandung usai meminta pertolongan kepada orang pintar agar dapat memperoleh keturunan.

Memasuki masa kelahirannya, Soedjiman dikagetkan dengan kelahiran sepasang bayi kembar yang salah satunya mengalami kecacatan fisik yaitu hidup dengan tanpa kulit.

BACA JUGA:Film Laura Diperankan Amanda Rawles, Netizen: Mirip Banget Sama Almarhum!

Kaget bercampur amarah sang suami kemudian membunuhnya ditempat dan menyisakan satu bayi perempuan normal yang diberi nama Kumala.

Namun saat tumbuh Kumala diketahui memiliki kecacatan mental yamg membuat dang ayah semakin tempramental dan kerap menyiksa anak malang tersebut.

Kejadian janggal dimulai ketika Kumala tumbuh dengan dua kepribadian dimana disaat siang dirinya akan tenang dan pendiam sedangkan malam akan menjadi kuat dan bringas setara dengan orang dewasa.

Kategori :