Empat Pimpinan DPRD Wonosobo Resmi Dilantik, Eko Duduki Ketua

Rabu 09-10-2024,16:52 WIB
Reporter : Agus Supriyadi
Editor : Malik Salman

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES.COM- Sebanyak 4 pimpinan anggota DPRD resmi dilantik kemarin. Pelantikan dilakukan melalui rapat paripurna.

Komposisi pimpinan DPRD Wonosobo terdiri dari satu orang ketua dan tiga orang wakil ketua.

Empat pimpinan DPRD Wonosobo yang dilantik diantaranya Eko Prasetyo HW dari PDI Perjuangan selaku ketua, dan tiga wakil ketua yaitu Muhammad Faqih dari PKB, Sumardiyo dari Gerindra, dan Mugi Sugeng dari Partai Demokrat.

BACA JUGA:Fraksi DPRD Wonosobo Terbentuk, Ada 6 Fraksi, PPP Gabung Gerindra

Sebelumnya usai pelantikan DPRD pada bulan Agustus 2024 silam, DPRD Wonosobo mengangkat Eko Prasetyo HW dari PDI Perjuangan sebagai ketua sementara dan Amir Husein sebagai wakil ketua sementara.

Plt Bupati Wonosobo, Muhammad Albar mengatakan, dengan dilantiknya jajaran pimpinan DPRD akan semakin memantapkan langkah segenap jajaran DPRD Kabupaten Wonosobo, dalam mengawal berjalannya demokrasi dan membersamai pembangunan daerah.

"Suksesnya pembangunan daerah membutuhkan kolaborasi antarpihak dan lintas sektor yang sinergis, termasuk di dalamnya adalah jajaran DPRD, yang berperan penting dalam formulasi kebijakan serta dalam menyerap dan memanifestasikan aspirasi masyarakat yang diwakilinya, sehingga terwujud produk-produk pembangunan yang berkeadilan," katanya.

BACA JUGA:45 Anggota DPRD Wonosobo Disumpah, Utamakan Kepentingan Rakyat

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Wonosobo, menantikan dukungan dan kerja sama yang sinergis antara segenap jajaran DPRD dengan Pemerintah Kabupaten, dalam rangka mewujudkan Wonosobo yang berdaya saing, maju, dan sejahtera.

"Mengingat lembaga eksekutif dan legislatif merupakan mitra yang tidak dapat terpisahkan, baik dalam konstelasi pemerintahan nasional maupun pada lingkup daerah, salah satunya adalah penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024," ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Wonosobo, Eko Prasetyo HW mengatakan bahwa usai pelantikan, jajaran pimpinan DPRD yang baru akan segera bersiap diri dengan dua agenda penting yaitu pembentukan AKD dan pembuatan tatib DPRD.

BACA JUGA:Lepaskan Aset Senilai Rp8 Miliar, DPRD Wonosobo Langsung Bentuk Pansus

"Setelah pelantikan, agenda utama kita mengawal pembentukan AKD dan tatib," katanya.

Pihaknya juga memastikan akan melakukan perubahan terhadap wajah DPRD kedepan agar lebih baik, utamanya kedisplinan dalam menghadiri agenda agenda wakil rakyat.

"DPRD sekarang harus lebih baik dari sebelumnya, kita akan perkuat komunikasi dengan fraksi," tandasnya.

Kategori :