Amankan Proses Pilkada, Polres Wonosobo Gandeng Tokoh Agama

Rabu 09-10-2024,18:20 WIB
Reporter : Agus Supriyadi
Editor : Malik Salman

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES.COM - Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat, Polres Wonosobo gandeng tokoh agama untuk menjaga Kamtibmas.

Kapolres Wonosobo, AKBP Donny Lombatoruan menyampaikan pentingnya kerja sama antara kepolisian dan tokoh agama dalam menciptakan situasi yang aman dan damai selama proses Pilkada.

“Kami berharap dukungan dari MUI dalam menjaga kondusivitas menjelang Pilkada. Salah satunya dengan cara menyebarkan pesan-pesan damai dan toleransi kepada masyarakat, terutama terkait dengan potensi konflik yang bisa timbul selama masa pilkada,” katanya.

BACA JUGA: 1.000 Siswa SMKN 1 Sukoharjo Wonosobo Dibekali Literasi Keuangan

Menurutnya, tokoh agama memiliki hubungan yang kuat dengan masyarakat. Bahkan apa yang disampaikan tokoh agama akan diikuti oleh warganya.

"Pesan damai dalam proses pilkada diharapkan akan disampaikan dalam berbagai kesempatan," ucapnya.

Kapolres juga menambahkan bahwa pihak kepolisian siap untuk menindak tegas setiap pelanggaran hukum yang berpotensi mengganggu jalannya pilkada.

"Kami akan mengerahkan personel untuk memastikan setiap tahapan pilkada berjalan sesuai aturan, serta melakukan pengawasan ketat terhadap potensi gangguan keamanan," terangnya.

BACA JUGA:Empat Pimpinan DPRD Wonosobo Resmi Dilantik, Eko Duduki Ketua

Sementara itu, Ketua MUI Kabupaten Wonosobo, KH Muchotob Hamzah  menyambut baik silaturahmi ini dan berkomitmen untuk membantu menjaga stabilitas daerah.

“Kami akan terus mengimbau masyarakat, untuk selalu menjaga kerukunan dan tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu yang dapat memecah belah persatuan,” katanya.

Pertemuan ini diharapkan mampu memperkuat hubungan antara kepolisian dan tokoh agama dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama Pilkada serentak berlangsung.

Sehingga, Wonosobo dapat menjadi contoh daerah yang aman dan damai dalam pesta demokrasi ini.

BACA JUGA:Ciptakan Inovasi DataGo dan Si Bulan, Diskominsta dan Disdukcapil Raih Penghargaan dari Kementerian PANRB

Dengan sinergi yang baik antara kepolisian dan tokoh agama, diharapkan Pilkada di Kabupaten Wonosobo dapat berjalan dengan aman, tertib, dan lancar tanpa ada gangguan yang berarti. (gus)

Kategori :