Polres Wonosobo Sasar Pengendara Ngebut dan Lawan Arus

Senin 14-10-2024,16:51 WIB
Reporter : Agus Supriyadi
Editor : Malik Salman

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES.COM - Polres Wonosobo gelar apel Pasukan Operasi Zebra Candi 2024 di halaman Mapolres setempat pada Senin (14/10) pagi.

Apel tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Wonosobo, AKBP Donny Lumbantoruan,  dan dihadiri oleh Plt Bupati Wonosobo Muhammad Albar, Forkopimda Kabupaten Wonosobo, Wakapolres, Pejabat Utama Polres, anggota Polres Wonosobo, Kodim 0707/Wonosobo, Dishub dan Satpol PP.

Kapolres Wonosobo AKBP Donny mengatakan meningkatnya jumlah kendaraan bermotor setiap tahunnya dan tidak diimbangi dengan perbaikan infrastruktur jalan menyebabkan terjadinya kemacetan lalu lintas. Hal tersebut menjadi salah satu pemicu pengendara melanggar aturan.

BACA JUGA:Di Purworejo Pelanggaran Lalu Lintas Jadi Sasaran Utama Operasi Zebra

“Kemacetan merupakan salah satu pemicu para pengendara melanggar aturan-aturan lalu lintas misalnya melawan arah, menerobos lampu merah, menggunakan trotoar untuk berkendara dan tindakan tidak tertib berlalu lintas lainnya yang dapat mengakibatkan kecelakaan,” ungkap Kapolres.

Menurutnya tahun 2024, juga merupakan tahun politik, dimana pada tahun ini akan dilaksanakan pesta demokrasi untuk menentukan pemimpin rakyat yang akan datang.

" Penyelenggaraan pemilu tentunya akan berimplikasi pada meningkatnya potensi kerawanan kamtibmas dan keamanan, keselamatan serta kelancaran lalu lintas," ujarnya.

Pihaknya juga mengatakan bahwa ada beberapa fokus sasaran penindakan pelanggaran lalu lintas dalam Operasi Zebra Candi 2024 yang dilaksanakan selama dua (2) pekan, 14 Oktober – 27 Oktober 2024.

BACA JUGA:Ops Mantap Praja Candi 2024, Polres Magelang Kota Gelar Patroli Skala Besar

“Sasaran penindakan meliputi berkendara di bawah umur, menggunakan ponsel saat berkendara, melawan arus, melampaui batas kecepatan, berkendara di bawah pengaruh alkohol, ranmor over loading, dan over dimension (ODOL) serta penggunaan knalpot brong,” bebernya.

Ditegaskan Kapolres bahwa operasi ini akan lebih mengutamakan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, namun pencegahan pelanggaran peraturan lalu lintas juga akan digencarkan.

”Semua ini bertujuan untuk menekan angka pelanggaran, sehingga bisa menurunkan angka kecelakaan lalu lintas dan fatalitas. Dan jangan lupa yang bertugas harus menjalankan dengan humanis dan penuh tanggung jawab,” terang AKBP Donny.

BACA JUGA:Untuk Tingkatkan Prestasi, KONI Wonosobo Mengaku Butuh 8 Miliar

Diharapkan dengan operasi ini masyarakat semakin sadar dan disiplin menerapkan peraturan lalu lintas demi keselamatan pribadi dan bersama. Demi mewujudkan tertib berlalu lintas di Wonosobo. (gus)

Kategori :