Operasi Zebra Temanggung: Edukasi dan Penegakan Hukum Jalan Raya, Knalpot Brong Jadi Sasaran Utama

Selasa 15-10-2024,15:09 WIB
Reporter : Setyo Wuwuh
Editor : Nur Imron Rosadi

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.COM Satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Temanggung tidak akan memberi ampun bagi kendaraan bermotor yang sengaja menggunakan knalpot tidak standar (brong) dan pelaku balap liar, selama Operasi Zebra digelar pada 14-27 Oktober 2024. 

"Untuk pelanggaran lain seperti balap liar maupun knalpot brong akan dilakukan penindakan tegas," kata Kasat Lantas Polres Temanggung AKP Tri Afandi saat Operasi Zebra di tugu jam Temanggung, Selasa 15 Oktober 2024. 

Ia menjelaskan, selama operasi zebra berlangsung pihaknya akan memberikan edukasi tertib lalu lintas kepada para pengendara dan lebih mengutamakan kegiatan persuasif dan humanis.

"Untuk penegakan kita tetap, baik itu menggunakan ETLE maupun dengan tilang manual, jadi ada kegiatan penegakan hukum dan juga ada kegiatan yang bersifat humanis," katanya.

BACA JUGA:Rotasi Jabatan di Polres Purworejo, AKP Sakino Jabat Kapolsek Kutoarjo

BACA JUGA:Di Purworejo Pelanggaran Lalu Lintas Jadi Sasaran Utama Operasi Zebra

Melalui edukasi tertib lalu lintas diharapkan dapat mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas di Temanggung.

"Dengan tertib dan disiplin berlalu lintas akan mengurangi angka kecelakaan, harapan kami semua masyarakat bisa tetap tertib dan disiplin berlalu lintas saat menggunakan kendaraan bermotor," harapnya.

Ia mengatakan, pada pelaksanaan hari kedua operasi di depan Tugu Jam Kota Temanggung, satu persatu kendaraan bermotor maupun mobil dihentikan untuk diperiksa kelengkapan surat kendaraan. Bagi pengendara yang tertib langsung diberi hadiah.

"Sedangkan pengendara yang tidak memakai helm, oleh petugas langsung diberikan helm berstandar nasional untuk keselamatan berkendara," imbuhnya.

BACA JUGA:Progres Pembangunan Bendungan Bener 49 Persen, Pjs Bupati Purworejo Minta Diselesaikan Tepat Waktu

BACA JUGA:Dampak Negatif dan Cara Mencegah Kecanduan Bermain Media Sosial pada Anak-anak

BACA JUGA:Flyover Canguk Sudah 85 Persen, Desember 2024 Sudah Bisa Beroperasi

"Untuk sasaran lebih prioritas ke pelanggaran kasat mata, seperti tidak menggunakan helm, kelengkapan, melawan arus, serta knalpot tidak standar," tegasnya. (set)

Kategori :