Peringatan Dini: Kebakaran Lahan Kian Marak, Warga Purworejo Diimbau Waspada

Sabtu 19-10-2024,10:36 WIB
Reporter : Eko Sutopo
Editor : Nur Imron Rosadi

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.COM- Sejumlah lahan pekarangan dan pertanian mengalami kebakaran sepanjang musim kemarau panjang 2024, khususnya beberapa bulan terakhir. Terbaru, kebakaran menimpa lahan di Kelurahan Kedungsari RT 02 RW 04 Kecamatan Purworejo pada Kamis, 17 Oktober 2024 siang.

Kabid Damkar pada Satpol PP Damkar Kabupaten Purworejo, Slamet menyebut, pihaknya menerima laporan adanya kebakaran lahan dari warga bernama Galang Pristiwanto via telepon ke Satpol PP Damkar Purworejo.

BACA JUGA:Kebakaran Masjid Nurul Hidayah Jadi Perhatian Pjs Bupati Purworejo

"Kemudian kita lakukan pemadaman kebakaran lahan dengan menggunakan 2 Randis Damkar Mako induk, 1 Randis Damkar Pos Kutoarjo dan 1 Randis Damkar Pos Purwodadi, dibantu 2 unit tangki Dari Dinas LH," sebutnya saat dikonfirmasi pada Jumat, 18 Oktober 2024.

Kendati proses pemadaman sempat terhambat karena sulit mendapatkan sumber air, Slamet menyampaikan petugas akhirnya berhasil melakukan pemadaman secara manual dan Pemadaman menggunakan Randis Damkar.

BACA JUGA:Dilalap Si Jago Merah, Tiga Rumah di Kalikajar Wonosobo Menjadi Arang

"Sekitar pukul 11.00 WIB beberapa warga melihat adanya api yang sudah membakar sebagian lahan, karena api semakin membesar dan semakin mendekat ke pemukiman, warga berusaha memadamkan dengan peralatan seadanya dan langsung menghubungi Damkar. Selesai pemadaman pukul 16.05 WIB. Korban nihil," ungkapnya.

Lebih lanjut pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dalam membakar sampah. Apalagi di lokasi lahan kering yang mudah terbakar dan merembet. (*)

Kategori :