PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.ID - Sepanjang bulan September 2025, sebanyak 331 ribu penumpang berangkat dan 327 ribu penumpang tiba di wilayah kerja PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 5 Purwokerto.
Dari jumlah itu, Stasiun Kutoarjo Kabupaten Purworejo tercatat menempati posisi kedua sebagai stasiun terpadat di Daop 5, baik untuk keberangkatan maupun kedatangan penumpang.
Informasi tersebut disampaikan oleh Pelaksana Harian Manager Humas Daop 5 Purwokerto, Imanuel Setya Budi Harwanto, dalam siaran persnya pada Senin (6/10).
BACA JUGA:Stasiun Kutoarjo Layani 45.215 Penumpang Selama Libur Sekolah
Berdasarkan data Daop 5, lima besar stasiun tersibuk di wilayah Daop 5 Purwokerto selama bulan September 2025 yakni untuk penumpak naik terbanyak Stasiun Purwokerto dengan 130.482 penumpang.
Disusul Stasiun Kutoarjo 41.937 penumpang, Stasiun Kroya 37.731 penumpang, Stasiun Kebumen 25.209 penumpang, dan Stasiun Gombong 18.012 penumpang.
Sementara untuk penumpang turun atau tiba secara berurutan yakni Stasiun Purwokerto 131.309 penumpang, Stasiun Kutoarjo 43.864 penumpang, Stasiun Kroya 37.186 penumpang, Stasiun Kebumen 24.267 penumpang, dan Stasiun Gombong 18.073 penumpang.
BACA JUGA:KA Sancaka Utara Resmi Beroperasi, Stasiun Kutoarjo Jadi Titik Strategis Baru Jalur Kereta Jawa
Menurut Imanuel, kondisi tersebut menggambarkan peran strategis Kutoarjo sebagai simpul transportasi utama di wilayah selatan Jawa Tengah dan DIY.
“Stasiun Kutoarjo secara konsisten menjadi pusat pergerakan masyarakat yang menghubungkan berbagai kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, hingga Surabaya,” katanya.
Imanuel menjelaskan bahwa capaian ini merupakan hasil kerja keras seluruh tim KAI yang selaras dengan tema HUT KAI ke-80: "Semakin Melayani."
BACA JUGA:KAI Daop 5 Siapkan 13.160 Kursi di Stasiun Kutoarjo untuk Libur Panjang Idul Adha 2025
“Capaian ini adalah wujud nyata dari komitmen kami dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Semangat ‘Semakin Melayani’ kami terjemahkan ke dalam kualitas operasional, ketepatan waktu, dan kenyamanan pelanggan,” jelasnya.
Selama bulan September, On Time Performance (OTP) keberangkatan di wilayah Daop 5 mencapai 100%, sedangkan OTP kedatangan tercatat 99,63%.
“Ini menunjukkan konsistensi KAI dalam menjaga keandalan layanan,” sebutnya.