Aparatur Sipil Negara di Era Digitalisasi Layanan Publik, ASN Cerdas Masyarakat Puas
ASN diharapkan dapat beradaptasi dalam era digitalisasi melalui penggunaan teknologi informasi pada sistem layanan publik-IST-MAGELANG EKSPRES
BACA JUGA:Kolaborasi Dengan Akademisi, Kementan Percepat Transformasi Pertanian Modern
Kompetensi berikutnya yang tak kalah penting untuk dimiliki ASN adalah komunikasi publik.
Keterampilan berkomunikasi multi kanal ASN sangat menentukan kualitas layanan, bersedia mendengarkan keluhan pengguna layanan, menginterpretasikan pesan dengan respon yang sesuai, kemampuan ASN dalam menyampaikan informasi yang rumit/kompleks bagi masyarakat, serta berkomunikasi secara efektif dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik, mendorong partisipasi masyarakat, serta membangun citra positif pemerintah.
3. Literasi Digital
Rencana strategis SPBE lainnya adalah meningkatkan kapasitas SDM.
Melalui penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan, pemerintah berupaya meningkatkan keterampilan ASN di bidang penggunaan sarana teknologi informasi.
BACA JUGA:Kembangkan Potensi Desa, Kelompok Wanita Tani Ini Terus Berinovasi Berkat Pemberdayaan BRI
Kepuasan masyarakat terhadap digitalisasi layanan publik turut dipengaruhi oleh penguasaan teknologi digital oleh ASN.
Hal tersebut mencakup bagaimana penggunaan aplikasi dan perangkat lunak, sistem manajemen data, platform layanan publik online, serta adaptasi terhadap perkembangan teknologi layanan publik.
Mayoritas ASN berusia tua atau anggapan bahwa digitalisasi layanan merupakan bagian tanggung jawab ASN generasi muda seringkali menjadi alasan keengganan untuk menguasai teknologi baru.
BACA JUGA:Kembangkan Potensi Desa, Kelompok Wanita Tani Ini Terus Berinovasi Berkat Pemberdayaan BRI
Hal ini akan menjadi salah satu penghambat transformasi digital dan kesenjangan keterampilan digital.
Meningkatkan kesadaran diri ASN akan literasi digital, aktif dalam pendidikan dan pelatihan digital baik secara penugasan ataupun mandiri, terus mengedukasi diri terhadap penggunaan digital, berpikir secara kritis dan sistematis, serta peningkatan manajemen inovasi diharapkan mampu mengurangi kesenjangan tersebut dan bermanfaat untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan publik.
Dengan semangat untuk terus berkembang, meningkatkan kecerdasan moral dan kompetensi diri, didukung kebijakan-kebijakan penerapan e-governance yang berfokus pada kesejahteraan masyarakat, maka diharapkan praktik layanan publik oleh institusi penyelenggara mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat pada pemerintah.
Artikel opini ini ditulis Sulastri, Pembina Teknis Perbendaharaan Negara pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara KPPN Magelang.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Sumber: magelang ekspres