DLH Luncurkan Sistem Pemakaman Online
MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG SELATAN – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) meluncurkan fasilitas sistem pemakaman online (Simpel) di tempat pemakaman umum (TPU) Giriloyo. Fasilitas berbasis website ini dinilai dapat mempermudah masyarakat dalam layanan pemakaman, karena dapat dilakukan secara daring. Kabid Pengelolaan PJU Pertamanan dan Pemakaman DLH Kota Magelang, Yetty Setiyaningsih mengatakan, fasilitas Simpel ini sudah mulai diterapkan pada 29 Mei 2020 lalu. Layanan ini bermula karena masyarakat kerepotan ketika harus mengurus pemakaman secara manual. \"Utamanya ketika harus setor uang sewa secara tunai, rasanya repot dan juga fungsi kontrolnya kurang. Karena itu, kita berpikir untuk membuat sistem pembayaran yang cashless. Jadilah fasilitas Simpel ini yang pembayarannya bekerja sama dengan BPD Bank Jateng,\" katanya, kemarin. Dia menjelaskan, fasilitas Simpel meliputi enam item, yakni perizinan pemakaman, perpanjangan izin petak makam, perizinan makam tumpangan, perpanjangan izin makam tumpangan, pemesanan petak makam, dan perpanjangan pemesanan petak makam. Baca juga Ditagih Hutang, Berakhir Kematian, Empat Tersangka Ditahan \"Masyarakat bisa dengan mudah mengajukan permohonan itu semua melalui website. Warga juga bisa mengecek konfirmasi, cek status, dan info makam. Termasuk bisa pantau sampai mana progres perizinannya,” katanya didampingi Kasi Pengelolaan PJU dan Pertamanan, Teguh Ariyanto. Adanya fasilitas ini, katanya, selain memudahkan masyarakat, pemerintah juga terbantu karena memiliki data base yang lebih rapi dan mudah. Selain itu, terdapat notifikasi atau pengingat ketika masa berlaku sewa sudah habis dan perlu perpanjangan. \"Sementara belum ke aplikasi berbasis android. Tapi, sejauh ini animo masyarakat sangat baik. Sampai sekarang ada sekitar 70 permohonan. Mudahnya lagi, sertifikat lebih cepat jadi dibanding yang dulu. Kalau dulu bisa seminggu, sekarang maksimal 2x24 jam sudah jadi,\" jelasnya. Kandidat doktor manajemen kebijakan publik UGM ini menilai, fasilitas Simpel ini mendukung program Smart City, yang mana pelayanan kepada masyarakat makin dipermudah. Utamanya dapat memanfaatkan teknologi informasi yang kini makin canggih. \"Meski sudah secara daring, tapi ada hal yang masih kita lakukan secara manual, yakni verifikasi data pribadi pemohon. Hal ini demi keamanan data pemohon agar tidak beredar di dunia maya,\" katanya. (wid)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: