Haji Risiko Tinggi Bakal Pakai Gelang Khusus

Haji Risiko Tinggi Bakal Pakai Gelang Khusus

Tim TKHI Wonosobo: Jaelan Sulat-Tim TKHI Wonosobo-Magelangekspres.com

WONOSOBO- Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) adalah ujung tombak pelayanan kesehatan haji. Tim tersebut akan memberikan pembinan, pelayanan dan perlindungan jemaah haji pada masing masing kelompok terbang

"Untuk Wonosobo ada dua orang TKHI dan melayani 360 orang jemaah haji," ungkap tim TKHI Wonosobo Jaelan Sulat, Selasa (21/6/2022).

Menurutnya, tim sudah melakukan pemetaan terhadap jemaah haji Wonosobo. Dari hasil pemetaan tersebut muncul tiga kategori jemaah.

"Kita petakan jemaah dari sisi usia dan riwayat penyakit yang diderita. Sehingga muncul tiga kategori yaitu jemaah sehat, jemaah dengan kondisi penyakit ringan dan kondisi berat," katanya.

Pria yang karib dipanggil Masje itu juga menambahkan, jumlah jemaah tiga kategori tersebut jumlahnya seimbang. Sehingga dibutuhkan kerjasama di masing masing rombongan.

Beberapa jemaah akan diberi tanda oleh petugas, bahkan pada pergelangan tangan akan dipakaikan gelang khusus untuk memantau kondisi tubuh. Dan, data itu terkoneksi dengan alat yang dibawa petugas kesehatan.

"Jadi jika nanti ada jamaah yang saturasi nya turun, darah naik atau detak jantung tidak normal, akan muncul notifikasi, atau pemberitahuan. Itu ada aplikasinya, " Beber Jaelan yang juga menjadi kepala Bappeda itu.

Pihaknya meminta doa kepada masyarakat Wonosobo bisa mengawal  360 jemaah haji Wonosobo yang tergabung dalam kloter 38 dan 39. Sehingga diberi kesehatan dan keselamatan selama mengikuti prosesi ibadah haji tahun 2022.

"Kita minta doa dari masyarakat Wonosobo, jemaah haji bisa berangkat dan pulang dalam kondisi sehat," pungkasnya. (gus)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com