Mahasiswa di Purworejo Bakal Digerakkan Dampingi UMKM dan BUMDesa

Mahasiswa di Purworejo Bakal Digerakkan Dampingi UMKM dan BUMDesa

PERSIAPAN. Mahasiswa Prodi Administrasi Bisnis Polsa Kutoarjo mempersiapkan PKL pendampingan UMKM, kemarin. (foto : Eko Sutopo/Purworejo Ekspres)-Bumdesa -Magelangekspres.com

PURWOREJO- Puluhan mahasiswa Politeknik Sawunggalih Aji (Polsa) Kutoarjo bakal digerakkan untuk mendampingi UMKM dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) di Kabupaten Purworejo. Mereka akan diterjunkan lewat program Praktik Kerja Lapangan (PKL) guna memoles digital marketing yang dijalankan usaha kecil atau BUMDesa.

Kepala Prodi Administrasi Bisnis Polsa Kutoarjo Agus Fitriyanto SE MM, menyebut mahasiswa mulai diberangkatkan pada 1 Juli 2022. Ada 35 mahasiswa Prodi Administrasi Bisnis yang digerakkan untuk program tersebut.

"Saat ini kami dalam tahapan persiapan, mempersiapkan mahasiswa juga menentukan UMKM dan bumdesa sasaran PKL," sebutnya, Selasa (28/6).

Dijelaskan, UMKM yang menjadi sasaran adalah usaha yang secara kontinyu memproduksi dan memasarkan produknya, baik secara langsung maupun daring.

BACA JUGA:SBY Ajak Petinggi Demokrat Ziarahi Makam Sarwo Edhie Wibowo

"Terutama UMKM yang belum begitu memanfaatkan aplikasi media sosial atau sudah punya akun, tapi belum digunakan secara optimal baik untuk pemasaran maupun promosi," jelasnya.

Selain UMKM, Bumdesa juga menjadi sasaran program karena mereka memiliki kegiatan pengembangan usaha kecil di desa. Beberapa Bumdesa telah menyatakan siap bersinergi menerima mahasiswa Polsa.

Menurutnya, mahasiswa akan melakukan pendampingan dalam bidang pemasaran produk. Mereka akan mengaplikasikan ilmu tentang pemasaran daring dan strategi pemanfaatan media sosial untuk membranding produk UMKM.

Program tersebut belum memang tentu secara langsung mendongkrak pemasaran karena hanya dilaksanakan selama dua bulan.

"Mungkin tidak langsung berpengaruh pada pemasaran, tapi setidaknya membuka pemahaman para pelaku UMKM dan pengurus BUMDesa, bahwa dunia digital sekarang sudah jadi tumpuan pemasaran serta branding sebuah produk," tandasnya. (top)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com