SMKN 3 Magelang Gelar Karya Hasil PKL Kuliner

SMKN 3 Magelang Gelar Karya Hasil PKL Kuliner

PKL. SMKN 3 Magelang menyelenggarakan gelar karya hasil Praktik Kerja Lapangan (PKL) Program Keahlian Kuliner pada Jumat (22/7) di halaman sekolah setempat.(Foto dokumen smkn3 magelang)-smkn 3-Magelangekspres.com

MAGELANG - SMKN 3 Magelang menyelenggarakan gelar karya hasil Praktik Kerja Lapangan (PKL) Program Keahlian Kuliner pada Jumat (22/7) di halaman sekolah setempat.

PKL merupakan kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di dunia kerja dan dunia industri selama 6 bulan. Kegiatan ini harus diikuti siswa SMK kelas XI semester 2 untuk sekolah yang menerapkan Kurikulum 2013, termasuk siswa program keahlian kuliner di SMK N 3 Magelang.

PKL sangat besar manfaatnya karena memberikan bekal kepada siswa agar setelah lulus lebih siap bekerja baik secara keilmuan, kejiwaan, maupun mental.

Dalam sambutannya, Kepala SMK Negeri 3 Magelang, Mila Yustiana SPd MMPar mengatakan bahwa hari ini SMK N 3 Magelang mempersembahkan karya dari anak-anak program keahlian kuliner yang telah melaksanakan PKL selama 6 bulan di berbagai industri.

Ini merupakam wujud kesungguhan mereka dalam melaksanakan PKL. Sehubungan dengan produk kuliner SMK N 3 Magelang, 

“Alhamdulillah pada tahun ini, 90 produk Browncafies sudah tersertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia. Semoga dengan sertifikat ini akan memberikan kenyamanan pada  konsumen dalam mengonsumsi produk-produk kuliner SMK N 3 Magelang,” tambahnya.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII yang diwakili Bapak Ngadi, Staf Seksi SMK menyampaikan ucapan terima kasih kepada guru-guru SMK Negeri 3 Magelang yang telah mendampingi dan mengarahkan siswa-siswanya menjadi yang kompeten dan salah satu karyanya digelar.

Siti Nurjanah SPd selaku Ketua Program Keahlian Kuliner menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan ajang bagi siswa untuk menunjukkan kompetensi yang sudah diperoleh selama sekolah di SMK N 3 Magelang.

Harapannya, siswa dapat mengembangkan keterampilannya untuk bekal mereka menjadi wirausaha dan semakin menambah wawasannya.

Acara yang dipandu Raja Azis Bakti Nainggolan dari kelas XII Boga 1 dan Nayla Anindya Putri Afandi dari XII Boga 2 dimulai pukul 08.00 WIB dengan pembukaan.

Selanjutnya menyanyikan lagu Indonesia Raya yang diikuti oleh seluruh hadirin. Sambutan pertama disampaikan oleh Kepala SMK Negeri 3 Magelang. Sambutan berikutnya dari Perwakilan dari Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII yang dilanjutkan dengan membuka acara Gelar Karya Hasil PKL program keahlian kuliner tahun 2022.

Setelah itu, Penyerahan sertifikat halal 90 produk D’browncafies dari ketua program keahlian kuliner kepada Kepala SMK Negeri 3 Magelang.

Acara diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh Fadjar Kurnia Ramadhan dari kelas XII Boga 2.

Kegiatan dikemas dalam 3 bentuk, yakni pameran karya hasil PKL, penyerahan sertifikat halal kepada sekolah, dan live cooking.

Produk yang dipamerkan  meliputi 16 produk hotel, 21 produk bakery, dan 15 produk catering. Ke-16 produk hotel tersebut di antaranya  udang asam manis, panna cotta, chicken drumstick, bitterballen mie, roll bread sosis, tahu walik, pisang kipas goreng, nasi goreng oriental with chicken blackpaper, cap cay, jagung telur asin, lumpia krezz, grill banana, dimsum, shawarma, chicken ko lo ke rice bowl, dan sajimie.

Produk bakery yang dipamerkan di antaranya donat toping, rool cake, lumpur surga, putri mandi, boneka puding, pie buah, muffin coklat pisang bolen, balck forrest, roti pisang, roti isi coklat, macaroni schotel, klappertart, kue ku, bunga keju, pisang coklat, keju hot dog sosis, kepang semprong, nining egg, rool cake, caramel cheese bar. Sedangkan produk catering meliputi karang masak pedas, udang sambal balado, nasi liwet sunda box, nasi liwet sunda bowl, nasi goreng ayam geprek, risol mayo, jamur crispy, mo chi, carabikang, sosis solo, catanggesing, rainbowl candil, pisang coklat, cente manis.

Penyerahan sertifikat halal pada 90 produk D’browncafies bakery dari ketua program keahlian kuliner, Siti Nurjanah SPd kepada kepala SMK Negeri 3 Magelang yang disaksikan oleh perwakilan dari  Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII Provinsi Jawa Tengah, ketua Unit Mandiri SMKN 3 Magelang, perwakilan dari industri, orangtua/wali peserta didik kelas XII program keahlian kuliner serta guru-guru dan para siswa.

Sementara live cooking menampilkan Korean food dan cake decoration.

Kegiatan Gelar Karya diikuti peserta didik kelas XII program keahlian kuliner dan peserta didik kelas XI yang tergabung tim Sekolah Pencetak Wirausaha ( SPW) dari 5 program keahlian di SMK N 3 Magelang, yakni Perhotelan, Kuliner, Kecantikan dan Spa, Broascasting dan Perfilman, dan Busana.

Panitia penyelenggara dikelola oleh para siswa dengan ketua, Lulu Dliyaul Awliya kelas XII Boga 1.

Acara ini dihadiri oleh perwakilan industri yang bekerja sama dengan sekolah, orangtua/ wali siswa kelas XII program keahlian kuliner dan masyarakat. Anak-anak sangat senang karena acara berjalan lancar dan produk mereka habis terjual. (adv/Umi Khayah Rusiyanah)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com