Gak Ada Ahlak! Bendera Merah Putih Hari Kemerdekaan Raib Dicuri

Gak Ada Ahlak! Bendera Merah Putih Hari Kemerdekaan Raib Dicuri

BENDERA HILANG . Ketua RW 04 Desa Gintungan, Priswanto sedang mendirikan tiang bendera, tampak sejumlah bendera di ruas jalan Desa Gintungan hilang dan hanya tinggal tiangnya, kemarin.(foto : Eko Sutopo/Purworejo Ekspres)--Magelangekspres.com

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID – Warga Desa Gintungan Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo dikejutkan dengan raibnya sejumlah bendera merah putih yang dipasang di lingkungan RW 04 desa setempat.
Bendera tersebut diduga dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan hingga kini belum diketahui siapa pelakunya.

Saring Fauziah (55) salah satu pedagang yang berada di dekat lokasi hilangnya bendera menyebut peristiwa pencurian bendera dilakukan dalam kurun waktu beberapa hari.

"Awalnya hanya hilang 1, tapi tadi hilang lagi 7," katanya saat ditemui di warungnya di Desa Gintungan, Senin (15/8).
Sarang mengaku berjualan di tempat tersebut mulai pagi hingga sore hari. Ia menduga bendera dicuri pada malam hari.

"Perkiraan hilang malam. Kalau orang gila pasti dirusak, tapi ini tidak, mungkin orang iseng," ungkapnya kesal.

Sementara itu, Ketua RW 04 Desa Gintungan, Priswanto juga membenarkan kronologi yang disampaikan salah satu warga tersebut. Menurutnya, bendera dan umbul-umbul di wilayahnya telah dipasang sejak 1 Agustus 2022.

"Ini kan pemasangan mulai tanggal 1 Agustus 2022, terus selang satu minggu pemasangan, 1 bendera hilang, tapi tiangnya masih, setelah dua minggu, tanggal 15 Agustus ini hilang lagi sebanyak 7 bendera, jadi total 8 bendera," jelas Priswanto.

Atas kejadian tersebut, pihaknya bersama warga akan melakukan upaya pencegahan dengan penjagaan ketat saat malam hari agar tidak ada kejadian pencurian bendera lagi. Hingga kini warga masih belum melibatkan pihak kepolisian dalam kasus ini.

"Untuk pelaku dan motifnya kita juga belum tahu, ini kan hilangnya posisi malam. Jadi pagi ada warga yang lapor kalau bendera hilang, pertama yang tahu ya warga yang lewat," terangnya.

Lebih lanjut disampaikan, total bendera yang dipasang di RW 04 ada sekitar 80 bendera. Pihaknya menilai pencurian ini sangat keterlaluan karena dilakukan menjelang Hari Kemerdekaan.

Kedepan, Priswanto berharap kejadian ini tidak terjadi lagi, baik di lingkungannya maupun di tempat lain.

"Komentar warga ya ini keterlaluan, bendera kok dicuri tidak punya rasa nasionalisme. Ini warga iuran beli bendera, semoga warga tetap tidak kapok pasang bendera, tetap semangat meramaikan kemerdekaan," tandasnya. (top)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com