Sharing Praktik Baik SMKN 3 Magelang dengan SMKN 1 Alian Kebumen

Sharing Praktik Baik SMKN 3 Magelang dengan SMKN 1 Alian Kebumen

PRAKTIK BAIK. Kepala SMK Negeri 3 Magelang Mila Yustiana SPd MMPar berbagi Praktik Baik dengan SMK Negeri 1 Alian, Kebumen. (Foto dokumen SMKN 3 Magelang)--Magelangekspres.com

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Tahun 2017 SMK Negeri 3 Magelang menjadi Sekolah Revitalisasi. Menerima bantuan sebagai SMK Center of Excelent (CoE) di tahun 2020 dilanjutkan SMK Pusat Keunggulan (PK) pada tahun 2021. Sedangkan tahun 2022 menjadi SMK PK lanjutan.

Atas raihan tersebut menjadikan SMK Negeri 3 Magelang sebagai rujukan beberapa SMK lain dalam pelaksanaan Praktik Baik dari berbagai program sekolah.

Kamis (8/9) bertempat di Meeting Room Eduhotel Citra SMK Negeri 3 Magelang, Kepala SMK Negeri 3 Magelang Mila Yustiana SPd, MMPar berbagi Praktik Baik dengan SMK Negeri 1 Alian, Kebumen.

Mengenai kegiatan wirausaha di SMK Negeri 3 Magelang yang meliputi Teaching Factory (TEFA), Sekolah Pencetak Wirausaha (SPW), dan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), serta update teknologi alat praktik.

Pelaksanaan Kurikulum Merdeka dan pembelajaran metode Project Based Learning (PjBL). Selain itu juga berbagi mengenai keterserapan lulusan yang berwirausaha, bekerja di Dunia Usaha dan Dunia industri (DUDI), dan melanjutkan di perguruan tinggi.

Mila menekankan bahwa Praktik Baik yang dilaksanakan di SMK Pusat Keunggulan akan berdampak positif bagi siswa maupun bagi institusi.
Untuk itu perlu strategi dan kreativitas agar pelaksanaan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan rambu-rambu yang telah diberikan oleh pemerintah.

Keberhasilan semua program yang dijalankan di SMK PK dapat mendukung Kurikulum Merdeka sekaligus meningkatkan prestasi dan kulitas peserta didik selama menjalani aktivitas sebagai siswa SMK maupun setelah lulus, berwirausaha, bekerja, maupun melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.

Peserta sharing sangat antusias mengikuti kegiatan yang dimulai hari ini hingga Sabtu (10/9) mendatang. Basikun SPd, MM selaku Kepala SMK N 1 Alian menilai SMK Negeri 3 Magelang sebagai SMK dalam kategori baik pada pelaksanaan SMK PK di lingkup Jawa Tengah.

Untuk itu pihaknya ingin belajar dari program yang sudah dilaksanakan di SMK Negeri 3 Magelang untuk diimplementasikan di SMK N 1 Alian.

“Diharapkan, tim guru yang dibawa ke SMK Negeri 3 Magelang dapat belajar, sehingga bisa memperbaiki implementasi kurikulum merdeka dan mampu mendukung program 8+I di SMK Negeri 1 Alian, serta memenuhi layanan pembelajaran bagi peserta didik,” tutup Basikun. (Sumiatun).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com