Pelajar Purworejo Wakili Jateng di OSN Astronomi

Pelajar Purworejo Wakili Jateng di OSN Astronomi

BERPRESTASI. Rafi berfoto bersama denga sang bapak dan kepala sekolah SMA Negeri 2 Purworejo. (foto : Lukman Hakim/Purworejo Ekspres)--Magelangekspres.com

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Salah satu pelajar di Purworejo, Rhafi Sukma Zaskyanto, siswa kelas XI IPA2 dari SMAN 2 Purworejo berhasil lolos dalam OSN (Olimpiade Sains Nasional) tahun 2022 tingkat provinsi pada bidang astronom. Rhafi akan maju ke OSN tingkat nasional mewakili Provinsi Jateng bersama dengan 9 peserta lainnya dari seluruh Jateng, pada bidang astronomi.

“Mudah-mudahan bisa lolos di tingkat nasional dan mendapatkan juara. Mohon doanya,” ujar Kepala SMAN 2 Purworejo, Dra Fitarini, M.Si., kemarin.

Menurutnya, pengumuman kemenangan Rhafi, diumumkan oleh Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud Ristek pada 10 September 2022 lalu. Untuk pelaksanaan OSN tingkat nasional sendiri, belum ada ketentuan kapan dan dimana akan dilaksanakan.

Diceritakan oleh Fita, dalam OSN tingkat kabupaten, dari SMAN 2 Purworejo mengirimkan 5 siswa per mapel, untuk 9 mapel yang dilombakan, yakni, Matematika, Ekonomi, Fisika, Kimia, Biologi, Astronomi, Kebumian, TIK dan Geografi.

Dari jumlah 45 siswa yang dikirim, 7 siswa lolos ke tingkat provinsi untuk 6 mapel. Namun setelah maju ke tingkat provinsi, hanya Rhafi yang berhasil lolos ke tingkat nasional.

“Yang merangking dari Pusat Prestasi Nasional. Alhamdulillah Rhafi masuk 10 besar. Dari masing-masing mapel, yang masuk 10 besar bisa maju ke tingkat nasional,” terang Fita, yang didampingi Drs Martoyo, M.Pd, mantan Waka Kesiswaan yang sejak awal mendampingi Rhafi.

Atas prestasi siswanya itu, Fita mengaku sangat bangga dan bersyukur. Prestasi Rhafi, ibarat mimpi yang belum pernah terwujud. Karena selama mengikuti OSN, baru kali ini duta SMAN 2 Purworejo bisa lolos ke tingkat nasional.

Diakui oleh Fita, dari awal, pihak sekolah sudah mempersiapkannya dengan menggandeng pihak ketiga dari Jogja, dimana tenaga-tenaga pengajarnya merupakan pemenang olimpiade tahun-tahun sebelumnya.

“Itu yang memfasilitasi anak-anak kami berlatih, baik secara online maupun offline. Supaya tidak terganggu KBMnya, onlinenya di malam hari,” ungkap Fita.

Prestasi tersebut, kata Fita, membuktikan bahwa semua saling bersinergi untuk bisa memfasilitasi dan menyiapkan, bahwa anak-anak yang memang memiliki potensi hebat itu bisa diasah dengan baik dan tumbuh. Prestasi Rhafi, juga menjadi kebanggaan siswa lainnya dan juga untuk memotivasi yang lain.

Juara sekecil apapun kami umumkan di upacara. Itu sebagai bentuk apresiasi sekolah, motivasi bagi yang bersangkutan dan yang lain supaya bisa lebih baik. Tentunya mereka juga bangga, duta sekolah bisa berprestasi,” terang Fita.

Rhafi sendiri merupakan anak pertama dari 3 bersaudara pasangan Suradi-Erawati, warga Desa Wareng, Butuh. Atas prestasi anaknya itu, Suradi mengaku senang dan bangga.

“Awalnya gak kepikiran bisa lolos sampai ke tingkat nasional. Mapel Kimia dan Fisika sangat mendukung dalam bidang Astronomi, ilmu yang mempelajari benda-benda langit. Dan saya sangat suka Astronomi. Mohon doanya supaya bisa juara nasional,” kata Rhafi mengungkapkan perasaannya, didampingi Suradi. (luk)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com