Joglo Krajan Hadirkan Cafe Vintage di Dalam Resto

Joglo Krajan Hadirkan Cafe Vintage di Dalam Resto

RAMAH. Koffie Krajan, Waroeng Joglo Krajan dengan konsep vintage khas jadul yang memberikan pelayanan maksimal kepada tiap pelanggannya. (foto : wiwid arif/magelang ekspres)-Rumah Makan Waroeng Joglo Krajan -magelang ekspres

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Rumah Makan Waroeng Joglo Krajan mulai mengembangkan bisnisnya dengan menghadirkan tempat nonkrong ala vintage. Rumah makan yang berada di Jalan Beringin VI Magelang Selatan itu, mulai saat ini menyediakan warung kopi dan cafe Koffie Krajan bernuansa zaman dulu (jadul).

Sejak berdiri tahun 2015, Waroeng Joglo Krajan masih konsisten menyajikan konsep settingan ruangan dan menu tradisional Jawa. Sesuai dengan namanya, tepat di tengah-tengah rumah makan itu terdapat bangunan menyerupai pendopo yang berwujud joglo.

Koffie Krajan ini menyatu dengan Waroeng Joglo Krajan. Hanya saja letak cafe berada di bagian belakang restoran.

Pemilik Waroeng Joglo Krajan, Hendro Prawoto mengatakan, alasan dirinya menaruh cafe di bagian belakang restoran karena dia menilai bahwa tidak sedikit pengunjung yang butuh ketenangan sembari menikmati atmosfer vintage zaman dulu.

Dia ingin menawarkan sebuah tempat bernostalgia. Terdapat area indoor dan outdoor.

Area outdoor memiliki furniture meja dan kursi kayu dengan warna seragam. Bernuansa coklat dan hitam.

Sementara area indoor, dilengkapi furniture serta barang-barang kuno. Mulai dari bentuk meja dan kursi bernuansa vintage. Cafe ini juga menawarkan spot foto yang Instagramable.

“Konsepnya mengingatkan romantisme zaman dulu. Terus terang saya memang punya hobi mengumpulkan dan mengoleksi barang-barang antik. Dari ide itu saya menciptakan suatu tempat kopi yang nyaman sekaligus dapat mengenang masa lalu,” ujar Hendro, Selasa, 11 Oktober 2022.

Sebuah kursi era kolonial menjadi tempat yang memikat dari restoran dan cafe yang terkenal dengan keramahan soal harga setiap menu makanannya itu.

Memasuki bagian dalam ruangan, suasana kuno tidak hilang. Lantai ubin dan langit-langit ruangan adalah faktor yang cukup dominan dalam menghadirkan otentisitas rasa kuno pada desain interior cafe dan restoran ini.

Kursi rotan dan meja kayu turut berkontribusi pada terciptanya atmosfer tradisional dari rumah makan dan cafe ini selain juga ornamen-ornamen penghias seperti iklan dan pamflet tahun 70-an.

Kemudian di setiap bilik ruangan terdapat benda-benda otentik seperti sepeda onthel kuno dan sepeda motor keluaran pertama. Selain itu, terdapat pula hiasan dinding dengan seni tingkat tinggi bergambar sebuah rumah berbentuk joglo.

Dengan atmosfer kuno dan tradisional, waktu terasa berjalan dengan tenang. Suasana ini juga memberi rasa tersendiri saat menikmati menu-menu masakan Indonesia tempo dulu maupun modern, dan juga hadirnya sajian spesial aneka kopi dan minuman di Koffie Krajan.

“Untuk di Koffie Krajan kita punya kopi andalan yaitu Kopi Krajan Klasik. Harganya cukup terjangkau Rp8.000 per gelas,” tuturnya.

Selain furnitur, segala peralatan cafe pun dibuat sekuno mungkin. Seperti cangkir kaleng jadul, teko jadul, dan masih banyak lagi yang lainnya. Meski terkesan kuno, tapi di cafe itu juga disediakan WiFi yang semakin membuat nyaman para pengunjung, terutama kalangan pelajar dan mahasiswa.

“Kami ingin memberikan suasana tenang, nyaman, dan vintage khas zaman dulu di Waroeng Joglo Krajan dan Koffie Krajan,” kata Hendro.

Barista Cafe Joglo Krajan, Bagas Aditya Saputra mengaku, seluruh minuman yang ada, termasuk kopi sebagian besar didatangkan dari daerah lokal.

“Rasanya sendiri, untuk Kopi Krajan Klasik disajikan dengan gula pasir, dan sedikit asam. Penikmat kopi bisa memilih mau pakai gula atau original,” tuturnya. (mg4)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres