Kemeriahan Festival UMKM dan Kesenian Rakyat di Alun-alun Kota Magelang

Kemeriahan Festival UMKM dan Kesenian Rakyat di Alun-alun Kota Magelang

RAMAI. Para pengunjung meramaikan Festival Kesenian Rakyat dan Jagad UMKM di Alun-alun Kota Magelang, Sabtu, 22 Oktober 2022. (foto : ika zahara/magelang ekspres)-Pemkot Magelang-magelang ekspres

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi Covid-19, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  (Disdikbud) bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Magelang menggelar Festival Jagad UMKM dan Kesenian Rakyat Kota Magelang pada Sabtu, 22 Oktober 2022 di Alun-alun Kota Magelang.

Pamong Kebudayaan, Disdikbud Kota Magelang, Agus Hartanto, mengatakan bahwa kesenian di Kota Magelang diharapkan lebih inovatif, kreatif, serta mampu menggandeng seluruh lapisan masyarakat.

Festival kesenian rakyat (FKR) ini menjadi ajang pementasan untuk sanggar-sanggar yang ada di Kota Magelang dan memberikan ruang berekspresi para seniman.

"FKR diharapkan melahirkan karya seni tradisional yang kreatif dengan basis budaya lokal yang dapat memberi sumbangsih bagi perkembangan kesenian lokal di Kota Magelang," papar Agus Hartanto saat ditemui di sela kegiatannya.

FKR diikuti oleh 26 peserta. Sembilan di antaranya berasal dari luar daerah seperti Solo, Purworejo, Semarang, Kabupaten Magelang, dan tim ISI Jogjakarta.

Menurut rencana, mereka akan tampil mulai pukul 19.00 WIB nanti.

Agus menambahkan, sebanyak 17 peserta yang berasal dari sanggar-sanggar di Kota Magelang yang akan diambil tiga terbaik sebagai juara.

Di area Alun-alun, sebanyak 110 stand UMKM juga memeriahkan acara itu. Mereka mengikuti, Festival Jagad UMKM yang diprakarsai Disperindag Kota Magelang.

Salah satu anggota UMKM Sehhati, Dwi Septina (38), menjelaskan pada Festival Jagad UMKM ini kelompoknya telah mendirikan dua stand untuk promosi.

"Adanya jagad UMKM ini menjadi sentra promosi dan berharap tidak hanya di Kota dan Kabupaten Magelang saja, supaya dikenal luar kota juga," kata Dwi.

Festival Jagad UMKM dan FKR Kota Magelang disambut antusias oleh lapisan masyarakat.

Sedari pagi, Alun-alun Kota Magelang dipenuhi pengunjung. Salah satu pengunjung asal Wonosobo, Reni Febriyani (14), mengaku menikmati acara ini.

"Enak banget banyak makanan atau jajanan terus sambil nonton kesenian gitu, sudah lama nggak ada kaya gini," kata Reni. (mg1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres