Keren! Pramuka SMP Negeri 3 Magelang Ikuti Jambore Tingkat Dunia

Keren! Pramuka SMP Negeri 3 Magelang Ikuti Jambore Tingkat Dunia

TIM GUDEP. Siswa-siswi SMP Negeri 3 Magelang yang mengikuti Jambore Internasional secara Online, Jumat (21/10) lalu. (Foto: dok SMP Negeri 3 Magelang)--Magelangekspres.com

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Gugus Depan (Gudep) berpangkalan di SMP Negeri 3 Magelang menyerahkan tanda ikut serta kegiatan (TISKA) Jamboree on The Internet (Joti) dalam upacara pembukaan latihan Pramuka.

Ditemui pasca upacara, Kak Faqih Mu’tasim Billah SPd, selaku ketua pelaksana menuturkan, kegiatan JOTI merupakan kegiatan rutin diselenggarakan World Organization of the Scout Movement (WOSM) pada tanggal 14, 15 dan 16 Oktober 2022 sebagai wadah komunikasi kepanduan seluruh dunia.
JOTI diharapkan membangun hubungan antar negara melalui komunikasi terencana, saling bertukar pikiran, budaya dan pengalaman selama menempuh pendidikan di Kepanduan.

Kak Faqih menekankan, kegiatan JOTI mampu meningkatkan persepsi dan wawasan peserta akan pentingnya bahasa asing sebagai alat komunikasi di seluruh dunia.

Keikutsertaan SMP Negeri 3 Magelang dalam ajang Joti dilaksanakan secara maya. Diawali dari e-learning yang diselenggarakan oleh World Organization of the Scout Movement (WOSM), peserta diperkenalkan dengan potensi positif dan negatif Dunia Maya meliputi materi bahaya digital bullying, ujaran kebencian di internet, cara mengantisipasi dampak negatif internet dan cara membangun komunitas sehat di Media Sosial.

Selanjutnya secara teknis peserta didik berkomunikasi mempergunakan aplikasi Scoutlink dan Skype JOTI 2022.

Kak Faqih memperjelas, Scoutlink merupakan server chat yang disediakan oleh WOSM sebagai media komunikasi berbasis teks dan Skype JOTI 2022 merupakan media Telekonferensi melalui aplikasi Skype.

Di Sepanjang kegiatan JOTI, peserta mendapatkan tugas untuk mengumpulkan JID dari stasiun JOTI seluruh dunia.

“Ini sebuah momentum terbaik untuk memperkenalkan peserta tentang dunia internasional. Di dalamnya peserta belajar mengaplikasikan kemampuan berbahasa Inggris mereka untuk berkomunikasi dan bertukar pikiran, budaya dan pengalaman. Terlebih mereka mendapat tugas untuk mengumpulkan JID kepanduan di mancanegara. Ini akan menjadi tantangan seru bagi mereka, karena mau tidak mau mereka harus berbicara dengan bahasa inggris," tegas Kak Faqih pasca upacara.

Dr Siti Yulaeha SPd Msi, selaku Ketua Mabigus dan Plt Kepala SMP Negeri 3 Magelang, menyambut hangat giat JOTI 2022. Ia berharap keikutsertaan Pramuka SMP Negeri 3 Magelang terus berlanjut di tahun selanjutnya, terlebih memperkenalkan budaya lokal Kota Magelang.

“Selaras dengan semboyan SMP Negeri 3 Magelang, Edu Art School, saya sangat senang dan mendukung kegiatan ini. Kami berharap kegiatan semacam ini eksis dan terus terprogram di tahun mendatang,” tegas Dr Siti Yulaeha SPd Msi.

Aqsyal sebagai peserta JOTI menyampaikan Joti sangat menyenangkan, pasalnya Aqsyal dan timnya dapat berkomunikasi dengan berbagai Pramuka di dunia.

“Ini pengalaman pertama saya dapat berbicara dengan teman-teman di Pakistan, Taiwan, UK, US apalagi Jepang. Sangat senang rasanya bisa saling tukar pendapat walaupun bahasa inggris saya tidak begitu bagus," pungkas Aqsyal dengan tawanya. (hen/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com