Lomba Baca Puisi Pelajar se Jateng Memasuki Tahap Final

Lomba Baca Puisi Pelajar se Jateng Memasuki Tahap Final

Salah satu peserta lomba baca puisi Pelajar se Jateng menampilkan bakatnya di hadapan dewan juri. (Foto :Ika zahara/magelangekspres)-magelang ekspres-magelang ekspres

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES. DISWAY. ID - Lomba baca puisi yang diselenggarakan Komunitas Rumah Literasi Aruna bersama Balai Bahasa Provinsi Jateng dan Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Kota Magelang, kini memasuki tahap final. Lomba yang diikuti pelajar SD, SMP dan SMA  se-Jawa Tengah ini berlangsung di Perpustakaan Kota Magelang, Kamis, 27 Oktober 2022.

Acara ini dibuka oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Kahar Dwi Prihartono. Final Lomba Baca Puisi “Literasi Bagimu Negeri” tingkat SD, SMP, dan SMA Se-Jawa Tengah juga sekaligus mengawali peluncuran Buku Bebak dan Kumpulan Cerita Binatang dan lainnya  dari Rumah Literasi Aruna.

Acara ini telah diselenggarakan dalam beberapa tahap, yakni tahap publikasi selama September-Oktober 2022, pengumpulan karya 12 September-13 Oktober 2022, penjurian tahap penyisihan 14-22 Oktober 2022, pengumuman finalis tanggal 24 Oktober 2022, hingga perlombaan tahap final dan pengumuman pemenang tanggal 27 Oktober 2022 dengan dewan juri Sosiawan Leak, Hamdy Salad dan Dian R Pranawengtyas.

Dari setiap jenjang pada tahap final tersaring 10 peserta  yang semula tingkat SD sebanyak 93 peserta, SMP sebanyak 235 peserta, SMA 155 peserta. Yang nantinya akan diambil 3 terbaik per jenjangnya.

Ini adalah event pertama Rumah Literasi Aruna bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Magelang. Pengurus Rumah Literasi Aruna, Ika Rachmawati menuturkan dalam peringatan hari jadi Rumah Literasi Aruna ini pihaknya berharap komunitas ini akan menjadi rumah literasi yang dapat diarungi oleh siapa pun.

"Rumah literasi ini semoga menjadi tempat berkumpulnya orang-orang yang bebas bereskpresi. Kita juga ada event-event lain seperti kelas menulis dan lain-lain bersama masyarakat umum," imbuh Ika Rachmawati.

Para peserta mengaku event ini sangat menguji mental mereka, setelah biasanya dilakukan secara online dan baru sekarang dilakukan secara offline.

"Ini baru pertama juga ke Magelang terus buat persiapan event ini sangat mendadak tapi benar-benar dipersiapkan dengan matang, semoga tahun depan bisa ikut lagi," ujar salah satu peserta dari Jepara, Naila (16) dari MAN 1 Jepara.(mg1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspress