Peringatan 94th Hari Sumpah Pemuda,Tebar 11.000 Benih Ikan di Kali Bening

Peringatan 94th Hari Sumpah Pemuda,Tebar 11.000 Benih Ikan di Kali Bening

TEBAR BENIH. Kepala Dispeterikan Kabupaten Magelang, Joni Indarto, Plt Kepala Disperpa Kota Magelang Agung Widiantoro, Wakapolres Magelang Kota Kompol Supriyadi, beserta tamu undangan melepas benih ikan nila di Kali Bening.(foto : larasati putri/magelang --Magelangekspres.com

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKPRES.DISWAY.ID – Artos Mall Magelang bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota dan Kabupaten Magelang, Pemkot dan Pemkab Magelang, dan segenap komunitas peduli sungai menggelar kegiatan tebar benih ikan di Kali Bening, Sanden, Kramat Utara, Magelang Utara, Minggu, 30 Oktober 2022.

Aksi tebar benih ini dilakukan untuk menambah kekayaan ekosistem di Kali Bening dan Sungai Progo, sebagai salah satu acara pamungkas rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-11 Artos Magelang.

Kegiatan yang dibarengkan dengan Pasar Rakyat Gelora Sanden (PRGS) itu turut dihadiri Wakapolres Magelang Kota Kompol Supriyadi, para pejabat Pemkot dan Pemkab Magelang serta sejumlah komunitas dan wartawan.

“Kegiatan ini merupakan penutup dari rangkaian acara HUT Artos Mall ke-11 bertajuk “Aloha” dan peringatan 94th Hari Sumpah Pemuda,” kata Marcomm Head Artos Mall, Edita Purwa.

Ia mengatakan bahwa pemilihan kegiatan tebar benih ikan bertepatan dengan tema “Aloha” yang identik dengan nuansa air. Pihaknya ingin menggagas kegiatan pelestarian lingkungan yang berbeda dari kegiatan-kegiatan yang belum pernah diadakan oleh Artos Mall.

“Ini merupakan event gong-nya dari rangkaian HUT Artos. Rangkaian HUT Artos ke-11 tahun sudah dimulai dari akhir September hingga akhir Oktober. Tebar benih ikan ini menjadi acara puncaknya,” imbuhnya.

Dita menyebutkan dengan adanya 11.000 benih ikan yang dilepas, Artos Mall dapat memberi kebermanfaatan dan menuai kebaikan yang lebih lagi.

“Harapannya, Artos dapat semakin ramai dan berdampak baik untuk kota, kabupaten bahkan se-Karesidenan Kedu. Artos Mall dapat terus meningkatkan pelayanan dan memberikan pelayanan belanja terbaik untuk pengunjung,” ujarnya.

Kegiatan itu melibatkan turut Komunitas Peduli Kali Magelang, Komunitas Magelang Bike serta dihadiri oleh Duta Wisata Kota Magelang dan Duta Genre Kota Magelang.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Dispeterikan) Kabupaten Magelang, Joni Indarto yang hadir pada kesempatan itu menyebutkan bahwa ekosistem sungai adalah bagian penting yang perlu diperhatikan.

“Ini menjadi tanggung jawab kita bersama untuk bersinergi dan bekerja sama menjaga ekosistem sungai. Ekosistem yang baik akan bermanfaat dan memberikan nilai tambah bagi masyarakat,” tutur Joni.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang, Agung Widiantoro memberikan sambutan positif terhadap kegiatan tebar benih ikan. Ia mengatakan kegiatan sosial tersebut memiliki dampak yang baik bagi lingkungan, ekonomi, dan ketahanan pangan.

“Bagi lingkungan tentunya ikan-ikan yang ditebar akan menggantikan stok ikan yang sudah punah, kemudian memperkaya keanekaragaman hayati yang akan di lingkungan sungai atau kali. Pada bidang ekonomi juga membantu masyarakat sekitar untuk memenuhi kebutuhan ekonomi masyarakat itu sendiri. Caranya dengan di konsumsi atau dijual,” tutur Agung.

Menurutnya, bibit-bibit ikan yang dilepaskan memberikan andil kepada ketahanan pangan. Selain itu, fungsi dari mengonsumsi protein pada ikan dapat membantu pemerintah dalam menanggulangi angka stunting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com