BOB Forest Run 2022, 400 Pelari Jelajahi Track Menantang Bukit Menoreh

BOB Forest Run 2022, 400 Pelari Jelajahi Track Menantang Bukit Menoreh

ANTUSIAS. Sejumlah pelari antusias melintasi track menantang di kawasan bukit menorah dalam ajang BOB Forest Run 2022, kemarin.(foto : Eko Sutopo/Purworejo Ekspres)--Magelangekspres.com

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Event lari bertajuk BOB Forest Run sukses dihelat pada Sabtu 29 Oktober 2022. Sekitar 400 pelari dari berbagai daerah antusias menjelajahi track yang cukup menantang di kawasan bukit Menoreh Purworejo untuk memperebutkan hadiah senilai total puluhan juta rupiah.

Start dan finish di De'Loano Glamour Camping (Glamping) Purworejo, peserta melintasi 2 desa wisata di Purworejo, yakni Bendowo dan Sedayu.
Pelari juga melewati tujuan wisata yang saat ini cukup hits, di antaranya Kebun Teh Nglinggo, Bukit Isis, dan Tumpeng Menoreh.

Tak hanya anak muda, sejumlah orang tua tak mau kalah menjajal sensasi berlari di track tanah basah usai diguyur air hujan dengan rute pendek 4 kilometer dan rute panjang 8 kilometer.

Lintasan terjal dan licin itu kerap dipakai off-road. Kendati demikian, dalam setiap rutenya tersuguh panorama gugusan perbukitan Menoreh.
Direktur Pemasaran Pariwisata Badan Otorita Borobudur (BOB), Agus Rochiyardi, bertindak sebagai pengibar bendera start.

"Dengan event ini, harapan kami esensinya mempromosikan Borobudur Highland, berbeda dengan Borobudur Candi. Ini dalam rangka membedakan. Borobudur Highland berada di ketinggian 900 MDPL, udara relatif segar dan dingin vegetasi hutan pinus," kata Agus.

Lebih lanjut pihaknya mengapresiasi tingginya antusias peserta dari berbagai daerah Jawa Tengah dan DIY. Melihat kondisi tersebut, event lari dinilai menjadi salah satu peluang untuk meningkatkan sektor pariwisata.

"Sport tourism terbukti mampu mendongkrak kunjungan wisata," sebutnya.
Konsep memadukan olahraga dan pariwisata ini, sambungnya, memiliki multi player effect yang baik.

Para runner sekaligus menjadi wisatawan merasa senang dengan kegiatan lari. Sementara masyarakat setempat ekonominya terdongkrak dan potensi wisatanya dapat dikenal luas.

"Lari lewat hutan asri, lihat wisata di dua desa wisata. Sungguh pengalaman yang  saya yakin jarang ditemui. Apalagi bagi runners yang suka track lari tidak biasa," jelasnya.

Agus berharap kawasan otoritatif Borobudur High Land dapat dikenal luas oleh masyarakat. Termasuk DeLoano Glamorous Camping Purworejo yang menjadi titik start dan finish dapat dikenal.

Terlebih sesuai arahan Menteri Sandiaga Uno, glamping yang eksotis itu sudah dibuka kembali untuk umum.

"Pandemi Covid-19 memang berat bagi semua sektor. Namun kondisi di Indonesia mulai membaik. Masyarakat bisa berwisata namun tetap nomor satu mematuhi prokes. Saya optimis Industri wisata kembali bangkit," tandasnya.
Pelari pria asal Kota Magelang, Bagus, merasa ketagihan mengaku senang dapat mengikuti BOB Forest Run 2022. Bahkan, ia merasa ketagihan menjajal track yang menantang.

"BOB Forest Run 2022 keren, event gratis dan penuh tantangan. Semoga ke depan ada lagi seperti ini," ucapnya. (top)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com