Puluhan Siswa SMK Digembleng Kepemimpinan di Hutan Pinus

Puluhan Siswa SMK Digembleng Kepemimpinan di Hutan Pinus

AKTIVITAS MENANTANG. Sejumlah siswa SMK Batik Perbaik Purworejo menjalani berbagai aktivitas menantang pada pelatihan dasar kepemimpinan di Hutan Pinus Bukit Sikepel Kecamatan Bener, kemarin.(foto : Eko Sutopo/Purworejo Ekspres)--Magelangekspres.com

PURWOREJO,MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Puluhan siswa SMK Batik Perbaik Purworejo digembleng pelatihan dasar kepemimpinan selama sehari di Hutan Pinus Bukit Sikepel Kecamatan Bener. Mereka harus melewati halang rintang serta menjelajahi hutan pinus agar dapat dilantik menjadi anggota OSIS, Dewan Ambalan, serta Majelis Permusyawaratan Kelas (MPK).

Kepala SMK Batik Perbaik Purworejo, Yati Dwi Puspita Ady, melalui Wakil Kepala Sekolah Bagian Kesiswaan Akhmad Mujahidin Tsani, menyebut agenda Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) kali ini sasarannya adalah puluhan calon pengurus OSIS, Dewan Ambalan, dan MPK.

"Dilaksanakan selama 2 hari pada Sabtu (5/11) dan Minggu (6/11). Kegiatan dilaksanakan di dua tempat, untuk materi teori di SMK Batik Perbaik dan materi praktik di Bukit Sikepel Purworejo," kata Tsani, Senin (7/11).

Pada hari pertama digelar upacara serta pemberian materi oleh sejumlah narasumber. Selanjutnya pada hari kedua, para siswa yang dibagi menjadi beberapa regu mengikuti kegiatan outbond dengan menyusuri Hutan Pinus Bukit Sikepel. Susur hutan tersebut di antaranya dilakukan dengan melewati berbagai rintangan yang menantang adrenalin, seperti naik turun bukit memakai tali dan sebagainya. Selain itu, para siswa juga harus mengandalkan kerja sama tim dalam sejumlah permainan outbond untuk menguji kekompakan.

"Outbond kepemimpinan di Bukit Sikepel. Tujuannya untuk menjadi bekal bagi para siswa agar mereka memahami bagaimana caranya nanti bisa menjadi pemimpin bagi siswa lain dan juga memberi pengalaman untuk terjun di masyarakat," terangnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa pasca kegiatan tersebut para siswa yang telah menjalani pelatihan dasar akan dilantik menjadi pengurus OSIS, Dewan Ambalan, serta MPK.

"Jadi ini rangkaian dari perekrutan OSIS, Dewan Ambalan dan MPK. Harapannya mereka mampu menjadi pemimpin para siswa yang berkarakter," tandasnya. (top)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com