Walikota Magelang Ajak Pemilih Pemula Melek Politik

Walikota Magelang Ajak Pemilih Pemula Melek Politik

PEMILIH PEMULA. Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz, salah satu narasumber Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula di hadapan ratusan siswa SMAN 2 Magelang di Pendopo Pengabdian, kemarin 14 November 2022.(foto : larasati setya putri/magelang--magelang ekspres

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID – Menyambut kontestasi politik yang akan segera dilangsungkan, berbagai bekal politik perlu dimiliki oleh para calon pemilih. Terutama, para pemilih pemula yang perlu mendapatkan pendidikan dan pengetahuan terkait pemilu 2024.

Sebanyak 200 siswa dari SMA Negeri 2 Magelang mengikuti Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula yang diprakarsai oleh Badan Kesatuan Bangsa Politik (Kesbangpol) Kota Magelang pada 14 November 2022 di Pendopo Pengabdian, Rumah Jabatan Walikota Magelang.

Kepala Badan Kesbangpol Kota Magelang, Agus Satiyo Haryadi mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pendidikan politik bagi anak-anak muda khususnya pemilih pemula.

“Selain itu, sebagai upaya peningkatan kapasitas dan karakter kebangsaan sekaligus meningkatkan partisipasi politik di Kota Magelang,” ujar Agus.

Agus berharap bekal untuk generasi muda tersebut, dapat meningkatkan kesadaran politik. Dengan demikian, para pemilih pemula dapat menyaring isu-isu politik dan tidak terpengaruh dengan kabar bohong saat menentukan pilihannya.

“Selanjutnya, untuk meningkatkan kualitas demokrasi dan partisipasi politik bagi pemilih pemula agar menggunakan hak pilihnya dengan baik sehingga pada pemilu 2024 angka golput bisa berkurang,” sebut Agus.

Sosialisasi ini tidak hanya sekali. Pada Selasa 15 November 2022 dijadwalkan dihadiri sebanyak 200 siswa SMAN 1 Magelang. Lalu, SMAN 4 Magelang pada Rabu 16 November 2022, SMAN 3 Magelang pada Kamis 17 November 2022, dan SMAN 5 Magelang pada Kamis 1 Desember 2022 mendatang. Setiap sekolah diwakili 200 orang di aula sekolah masing-masing.

"Total sasaran kegiatan ini sebanyak 1.000 orang, dengan narasumber Walikota Magelang, dr Muchamad Nur Aziz, Komisioner KPU, dan Bawaslu Kota Magelang, serta akademisi dari Untidar," imbuh Agus.

Sementara itu, Kepala SMAN 2 Kota Magelang, Joko Tri Haryanto mengungkapan rasa terima kasih karena telah memfasilitasi siswa-siswinya untuk mengikuti kegiatan pendidikan politik tersebut. Ia mengatakan bahwa Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula akan memberikan bekal politik bagi pelajar.

"Kami merasa luar biasa karena telah diundang kesini. Anak-anak dapat ilmu valid dari narasumber yang luar biasa pula tentang politik. Saya harap anak-anak memperhatikan dan mencermati," ucap Joko.

Walikota Magelang, dr Muchamad Nur Aziz yang juga narasumber acara tersebut,senantiasa mengajak pemilih pemula untuk tidak takut dan sadar terhadap politik. Hal tersebut, merupakan penentu masa depan politik di Indonesia dan di Kota Magelang khususnya.

"Jangan takut bicara tentang politik, selama tidak menjelekkan pihak lain. Tetapi fokus bagaimana membuat perubahan yang lebih baik," katanya.

Ia mengatakan pemilih pemula harus cerdas dalam menentukan figur politik dan partai politik yang memiliki kredibilitas.

“Generasi muda yang menentukan politik di Indonesia, siapa yang dipercaya maka dia yang akan menjadi pemimpin," pungkasnya.(mg4)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com