Mengenal Asuransi TLO, Kelebihan dan Besaran Preminya

Mengenal Asuransi TLO, Kelebihan dan Besaran Preminya

Asuransi Total Loss Only (TLO) merupakan asuransi yang menanggung biaya perbaikan mobil dengan kerusakan total di atas 75%. ( sumber: https://lifepal.co.id/ )-magelang ekspres-https://lifepal.co.id/

MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Saat akan membeli asuransi mobil, tentu Anda harus memilih berdasarkan jenis polisnya. Biasanya ada dua jenis asuransi mobil yang banyak dipilih, yaitu asuransi All Risk atau comprehensive dan Asuransi Total Loss Only (TLO).

Manfaat asuransi TLO menanggung biaya perbaikan mobil dengan kerusakan total di atas 75 persen. Sedangkan asuransi mobil All Risk atau comprehensive akan menanggung biaya perbaikan mobil akibat kerusakan kecil ataupun kerusakan besar.

Karena kedua jenis asuransi mobil tersebut berbeda, Anda harus memilih yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan, agar bisa mengeluarkan biaya yang tepat dan tidak berlebihan. Seperti halnya saat Anda ingin mengecat kendaraan, tentu saja informasi biaya dan bengkel terbaik cat mobil penting untuk diketahui.

Jika Anda ingin mendapatkan informasi yang lebih lengkap seputar asuransi TLO, mari simak selengkapnya dalam pemaparan berikut ini.

Apa Itu Asuransi TLO?

Seperti dipaparkan sebelumnya, asuransi TLO merupakan asuransi yang menanggung biaya perbaikan mobil dengan kerusakan total di atas 75%. Dengan begitu, jika mobil ini kerusakannya cuma sedikit, sudah pasti tidak bisa menggunakan asuransi satu ini.

Jenis asuransi mobil satu ini lebih tepat dipilih untuk mobil bekas, karena biasanya mobil seperti itu mudah sekali rusak. Asuransi ini biasanya memiliki masa perlindungan hingga 15 tahun.

Karena adanya batasan kerusakan yang bisa diklaim, berbeda dengan asuransi mobil All Risk yang bisa mengklaim kerusakan secara menyeluruh, tarif asuransi TLO jauh lebih murah daripada asuransi comprehensive.

Adapun beberapa contoh pengajuan klaim asuransi TLO yang langsung ditolak alias tidak bisa klaim asuransi TLO ke perusahaan asuransi terkait seperti rusak ban depan saja atau bagian spion, atau hanya bagian-bagian tertentu saja yang rusak.

Lain halnya jika mobil Anda mengalami kerusakan parah, misalnya ringsek sampai hancur melebihi 75% tentu bisa mengajukan klaim asuransi TLO. Contoh lainnya, mobil Anda yang diparkirkan di parkiran mal hilang, tentu saja bisa mengajukan klaim asuransi TLO.

Kelebihan Asuransi TLO

Meski tidak meng-cover banyak, asuransi TLO tetap memiliki banyak kelebihan, di antaranya:

Biaya Premi yang Murah

Karena kerusakan yang ditanggung hanya sampai batas maksimal 75%, maka biaya premi asuransi satu ini lebih murah. Sebagaimana diketahui, semakin banyak klaim yang ingin diasuransikan, maka semakin tinggi harga preminya.

Biaya premi asuransi TLO berdasarkan aturan perhitungan premi asuransi TLO telah termaktub di dalam urat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017. Dari peraturan tersebut, premi asuransi TLO berkisar antara 0,1 hingga 0,8 persen dari harga jual kendaraan.

Hanya saja, perhitungan tersebut bisa jadi berbeda karena menyesuaikan dengan wilayah. Karena itu, asuransi TLO juga cocok dipilih bagi Anda yang tidak memiliki banyak uang untuk memperbaiki kerusakan mobil secara menyeluruh.

Mobil Rentan Mengalami Kerusakan

Asuransi TLO memang tepat untuk pemilik mobil bekas yang rentan mengalami kerusakan. Apalagi, jika mobil tersebut usianya sudah di atas 5 tahun, sangat berpotensi menimbulkan banyak masalah di seluruh bagiannya.

Ada Potensi Mobil Dicuri

Apabila kendaraan kesayangan dicuri, maka diasumsikan mobil itu mengalami kerusakan 75% meski belum tentu mobil Anda mengalami kerusakan. Hanya saja, karena posisi mobil yang hilang, maka mobil tetap memperoleh proteksi.

Untuk mengajukan klaim asuransi mobil karena pencurian, Anda harus memberikan bukti kehilangan seperti rekaman CCTV atau surat kehilangan dari kepolisian.

Premi Asuransi TLO

Karena menjamin kerugian seperti kerusakan berskala besar dengan tingkat kerusakan lebih dari 75 persen atau kerugian lain, yaitu pencurian mobil yang mana mobil itu selanjutnya tidak ditemukan hingga dalam waktu 60 hari, maka rate asuransi TLO lebih murah di bandingkan asuransi mobil All Risk.

Tidak menanggung seluruh risiko yang dihadapi oleh mobil, rate asuransi TLO berdasarkan surat edaran OJK biasanya kurang dari 1 persen dari harga mobil.

Kategori

Harga Kendaraan

Wilayah 1

Wilayah 2

Wilayah 3

Kategori 1

0 s.d.Rp 125 juta

0,47%-0,56%

0,65%-0,78%

0,51%-0,56%

Kategori 2

>Rp 125 juta –Rp 200 juta

0,63%-0,69%

0,44%-0,53%

0,44%-0,48%

Kategori 3

>Rp 200 juta –Rp 400 juta

0,41%-0,46%

0,38%-0,42%

0,29%-0,35%

Kategori 4

>Rp 400 juta– Rp 800 juta

0,25%-0,30%

0,25%-0,30%

0,23%-0,27%

Kategori 5

> Rp 800 juta

0,20%-0,24%

0,20%-0,24%

0,20%-0,24%

Keterangan:

     Wilayah 1: Sumatera dan Kepulauan di sekitarnya

     Wilayah 2: DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

     Wilayah 3: Selain Wilayah 1 dan Wilayah 2.

Itulah penjelasan mengenai asuransi TLO, kelebihan memilikinya dan besaran premi yang harus dibayarkan. Semoga bermanfaat!

Sumber: https://lifepal.co.id/