1 Abad NU, Ribuan Warga NU Bersholawat Bersama Habib Syech di Candi Borobudur

1 Abad NU, Ribuan Warga NU Bersholawat Bersama Habib Syech di Candi Borobudur

Potret Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf di acara NU Bersholawat dan Bupati Magelang Zainal Arifin saat memberi sambutan (tampak kiri,berdiri).(Foto : Ikazahara/magelangekspres)--

KABUPATEN MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID- Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Magelang sukses gelar acara NU Bersholawat dalam rangka menyongsong 1 abad berdirinya organisasi ini. Gelaran ini berlangsung di Taman Lumbini Kompleks Wisata Candi Borobudur pada Kamis (17/11/2022).

Gema sholawat mulai dikumandangkan oleh jamaah Ahbabul Musthofa Magelang pukul 19.00 WIB bersama Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf dari Solo.

Dalam peringatan menyongsong 1 abad organisasi NU, PCNU Kabupaten Magelang mengambil tema Merawat Jagad Membangun Negeri.

Peringatan 1 abad Nahdlatul Ulama menghadirkan tokoh-tokoh NU diantaranya Katib 'Aam PBNU Ky. Said Asrori dan Sekretaris PBNU Gus Ipul. Turut hadir Bupati Magelang, Zainal Arifin dan memberikan sambutan di awal acara.

Dalam sambutannya Bupati Magelang, Zainal Arifin tak luput mengucapkan selamat Hari Lahir NU ke 100 tahun sekaligus ucapan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada PBNU yang telah menyelenggarakan acara tersebut.

"NU adalah organisasi masyarakat keagamaan terbesar yang ada di Indonesia bahkan dunia, disamping jumlah anggotanya besar juga kiprahnya yang telah mendunia sesuai dengan temanya Merawat Jagad Membangun Negeri," ucapnya.

Ia juga memaparkan kiprah NU dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia yang hingga saat ini kita kenal Hari Santri. Dimana resolusi jihad NU yang digemakan oleh Hadratus Syekh K.H Hasyim Asyari.

Katib 'Aam PBNU, Said Asrori turut menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Magelang dan seluruh warga NU yang turut berpartisipasi dalam acara ini.

"NU ini berkhidmat tidak hanya kepada NKRI tetapi kepada dunia. Semoga 100 tahun kedepannya semangat kita terus menggelora dalam keadan aman, tentram, kuat dan bermanfaat," papar Ky. Said Asrori.

Yang menjadi keunikan dalam acara ini yaitu corak keberagaman toleransi dalam bermasyarakat yaitu acara sholawat yang dilaksanakan di kawasan Candi Borobudur. Hal ini dikatakan oleh Ketua PCNU Kabupaten Magelang, KH. Ahmad Izzudin.

"Ini pertama kali acara sholawat diadakan di Taman Lumbini Candi Borobudur. Kerukunan toleransi ini menjadikan Kabupaten Magelang menjadi lebih baik. Mari kita bersama-sama merawat dan membangun negeri ini," kata KH. Ahmad Izzudin.

Acara ini diakhiri dengan lantunan syiir mahalul qiyam yang merupakan puncak dari kerinduan kepada Nabi Muhammad SAW dan lagu kebangsaan Indonesia Raya. (mg1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com