9.188 KPM di Temanggung Terima BLT DBHCHT

9.188 KPM di Temanggung Terima BLT DBHCHT

ANTRE. Sejumlah warga sedang mengantre mencairkan BLT DBHCHT di cabang Bank Jateng, Kamis (24/11). (foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres)--Magelangekspres.com

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Sebanyak 9.188 KPM (keluarga penerima manfaat) di Kabupaten Temanggung, menerima bantuan tunai langsung (BLT) yang bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2022.

Kepala Dinas Sosial Temanggung Prasojo menyebutkan, 9.188 KPM penerima BLT DBHCHT ini tersebar di seluruh Kabupaten Temanggung. KPM penerima bantuan ini sebelumnya telah melalui pendataan yang dilakukan oleh petugas di tingkat desa dan kemudian mendapatkan persetujuan dari kepala desa.


"Jadi sebelumnya sudah dilakukan pendataan, mana keluarga yang berhak menerima dan tidak," terangnya di sela peninjauan penyaluran BLT DBHCHT, Kamis 24 November 2022.

Ia mengatakan, setelah diketahui oleh kepala desa atau lurah, serta penyuluh pertanian, selanjutnya diverifikasi kelengkapannya di masing-masing kecamatan, setelah itu diteruskan ke Dinas Sosial untuk dilakukan verifikasi kembali.

"Memang prosesnya cukup panjang, tapi prosedur itu memang wajib dilakukan, agar bantuan ini tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat kurang mampu," katanya.

Dijelaskan, dari data yang masuk ini kemudian diajukan ke Bupati Temanggung untuk diterbitkan menjadi Surat Keputusan Bupati terkait dengan penerima bantuan ini.

"KPM yang menerima bantuan ini sudah sesuai SK Bupati Temanggung Nomor 465/394 Tahun 2022 tentang Daftar Penerima BLT yang Bersumber DBHCHT Tahun 2022." jelasnya

Dijelaskan, penyaluran BLT DBHCHT ini melalui Bank Jateng Cabang Temanggung, tahap pertama penyaluran yakni tanggal 22-30 November 2022.

Ditambahkannya, besaran BLT DBHCHT sejumlah 1,2 juta per KPM, dan akan disalurkan dua tahap bulan November dan Desember tahun 2022. Masing-masing tahap sebesar Rp600 ribu, disalurkan oleh Bank Jateng Cabang Temanggung di 19 kecamatan.

Pimpinan Bank Jateng Cabang Temanggung Tri Nugroho menjelaskan, kesiapan pelayanan Bank Jateng Cabang Temanggung terkait dalam penyaluran BLT DBHCHT tahun 2022, unit operasional semua dilibatkan, serta dibantu oleh pendamping desa dan personel dari Dinsos.

"Bank Jateng Cabang Temanggung menggunakan virtual account, by name by address sesuai NIK (Nomor Induk Kependudukan) dalam penyaluran BLT DBHCHT ini. Harapan kami, ke depan Pemkab Temanggung lebih bersinergi dan bisa melibatkan juga bank BUMD lainnya (Bapas dan BKK). Kami siap mendukung peningkatan perekonomian daerah dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan Pemkab Temanggung," pungkasnya.

Ahmad (42) salah satu KPM penerima bantuan menuturkan, bantuan tunai ini cukup membantu masyarakat di tengah kondisi ekonomi yang sedang tidak baik-baik saja ini.

"Setidaknya bisa memenuhi untuk kebutuhan pokok, sehingga bisa meringankan kami," katanya. (set)

Sumber: magelangekspres.com