HUT PGRI di Kertek Wonosobo, 345 Anak Diketahui tak Sekolah

HUT PGRI di Kertek Wonosobo, 345 Anak Diketahui tak Sekolah

PGRI. Sebanyak 650 anggota Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Cabang Kecamatan Kertek untuk mengikuti jalan sehat dalam rangka memperingati HUT PGRI Ke-77 dan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2022.(foto : Agus Supriyadi/Wonosobo ekspres)--Magelangekspres.com

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID- Sebanyak 650 anggota Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Cabang Kecamatan Kertek untuk mengikuti jalan sehat dalam rangka memperingati HUT PGRI Ke-77 dan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2022, Kamis (21/11/2022). Titik start di halaman SD Negeri 1 Kertek Wonosobo dan dilepas Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat.

Bupati mengajak jajaran pendidikan untuk fokus dan bersatu mengatasi tingginya anak putus sekolah di Wonosobo. Sebab, masalah itu menjadi tanggung jawab bersama.

“Anak putus sekolah menjadi tanggung jawab kita bersama. Untuk itu, seluruh anggota PGRI  harus kompak dan serius dalam menuntaskan masalah ini. Termasuk anak berkebutuhan khusus juga harus terfasilitasi secara maksimal,” katanya.

Menurutnya, anak tidak sekolah di Kecamatan Kertek masih cukup tinggi, terutama anak yang berada di desa desa di kaki Gunung Sindoro. PGRI  harus tampil di garda terdepan untuk terus mendorong masyarakat, agar anak usai sekolah tetap harus sekolah, apapun kondisinya.

“Saya minta, PGRI Kecamatan Kertek selalu kompak dan serius menuntaskan masalah anak putus sekolah. Disamping itu anak berkebutuhan khusus juga harus terfasilitasi secara maksimal,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Kertek Singgih Kuncoro menambahkan saat ini di Kecamatan Kertek terdapat 345 anak yang tidak sekolah. Maka pihaknya dibantu Dinas pendidikan, Pemuda, dan Olahraga serta stakeholder terkait tengah merumuskan solusi terbaik dalam mengentaskan anak yang tidak bersekolah.

"Melalui peringatan HUT PGRI Ke-77 ini dapat memberikan stimulus positif dan semangat baru bagi seluruh rekan PGRI dalam memajukan sektor pendidikan khususnya di Kertek,” katanya.

Sementara itu, Ketua PGRI Cabang Kertek Zubed menambahkan, peringatan HUT PGRI juga dimeriahkan dengan rangkain lomba futsal, voli putra dan putri, dan lomba sesorah atau pidato bahasa Jawa. Adapun rangkaian puncak acara HUT PGRI ke-77 Kecamatan Kertek dan HGN 2022 selain jalan sehat juga dimeriahkan dengan lomba senam antar ranting PGRI.

Rute jalan sehat dimulai dari halaman SD N 1 Kertek menuju ke arah utara kemudian melewati kantor BPD dan kembali lagi ke lokasi start. Selain itu puncak acara juga dimeriahkan dengan lomba senam antar ranting PGRI. (gus)

Sumber: magelangekspres.com