Skaniga Beraksi di Gelar Karya P5

Skaniga Beraksi di Gelar Karya P5

Indri Astuti SIP MH, Kasi SMK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII sedang membeli produk siswa.(Foto: tim jurnalistik SMK N 3 Magelang)--Magelangekspres.com

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - SMK Negeri 3 Magelang menyelenggarakan Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5) pada hari Rabu 23 November 2022 di lapangan sekolah setempat.

Gelar Karya dibuka oleh tari Soul yang ditarikan oleh Safira Puteri Diyanti (XI busana 2), Amelda Faradita Intan Pratiwi (X KC 1), dan Erriyana Aulia Maheswari (X KC 2).

Dilanjutkan dengan Srikandi Skaniga yang menampilkan seni bela diri, dengan pemain, Nuzulul Rahma (XI KL 2), Ignasia Prasetyani (XI Bs 1), dan Rizqina Sitta (XI Bs 1).

Pembawa acara ini Muhammad Adi Rahmawan (XI Kl 2) dan Dea Sasya Novalia (XI KC 1).

Menyanyikan lagu Indonesia Raya dipimpin oleh Adinda (X Kl 1). Dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh Muhammad Rofiq Ardhana (X Bs 1).

Indri Astuti SIP MH, selaku Kasi SMK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII yang sekaligus mewakili Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII menyampaikan bahwa kegiatan P5 merupakan program baru di sekolah yang melaksanakan Kurikulum Merdeka, untuk menjawab pertanyaan yang besar,
“Peserta seperti apa yang akan dihasilkan oleh satuan pendidikan dan dengan profil yang seperti apa?” jawabnya P5. Karena P5 memberi ruang kepada siswa untuk mengekspolasi bakat dan minat siswa,“ ujar Indri.

"Saya masuk sudah disuguhi dengan karya siswa yang luar biasa baik berupa barang dari pengolahan sampah maupun tayangan film karya PJBL siswa kelas XII Multimedia,” tambahnya.

Setelah sambutan, Ibu Indri berkenan membuka acara dengan memukul kentongan.

Sutji Sadarini SPd, wakil kepala sekolah bidang kurikulum yang mewakili Kepala SMK N 3 Magelang menyampaikan permohonan maaf karena Ibu Mila Yustiana SPd MMPar (Kepala SMK N 3 Magelang) tidak bisa hadir karena ada tugas di Pusat Kurikulum Jakarta.

Ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan P5 sejak perencanaan sampai puncaknya di Gelar Karya ini.

Refleksi P5 disampaikan oleh Siti Mukaromah dari kelas X Kuliner 3 yang mewakili semua siswa kelas X dan XI.

Dalam refleksinya, ia mengatakan kegiatan P5 yang dilaksanakan sejak tanggal 1 November 2022 merupakan kegiatan yang menyenangkan dan sangat bermanfaat karena siswa bisa mengeksplore lingkungannya.

Kemampuan siswa untuk belajar menemukan sendiri ide-ide kreatif juga dirasakan olehnya.

Peran siswa dalam P5 menjadi pusat kegiatan, serta siswa berlatih untuk kerja sama tim dengan belajar dan bekerja dalam kelompok serta senantiasa melakukan presentasi serta refleksi pada awal dan akhir kegiatan.

Sumber: magelangekspres.com