SAKIP Kota Magelang Raih Predikat BB

SAKIP Kota Magelang Raih Predikat BB

PRESTASI. Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas memberikan penghargaan kepada Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz di Hotel Bidakara Jakarta, Selasa 6 Desember 2022.(foto : IST/magelang ekspres)--Magelangekspres.com

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Kota Magelang meraih penghargaan predikat BB (sangat baik), atas Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP). Prestasi ini juga menjadi loncatan bagi Pemkot Magelang, yang tahun sebelumnya mampu membukukan peringkat B (baik).

"Predikat BB ini artinya kinerja kita semakin baik. Mudah-mudahan berguna untuk masyarakat luas," kata Walikota Magelang, dr Muchamad Nur Aziz didampingi Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Magelang Taufiq Nurbakin, Selasa, 6 Desember 2022.

Taufiq menjelaskan, Pemkot Magelang mendapatkan penghargaan itu setelah memenuhi serangkaian evaluasi sesuai dengan Peraturan Menteri PAN & RB Nomor 88 Tahun 2021 tentang Pedoman Evaluasi Akuntabilitas Kinerja bahwa evaluasi dilakukan terhadap keberadaan, pemanfaatan, dan kualitas setiap komponen, sub komponen, dan kriteria evaluasi.

"Memang belum maksimal tapi ke depan ditargetkan memperoleh predikat A, sehingga  diperlukan inovasi masing-masing perangkat daerah yg betul-betul bermanfaat dan menyentuh masyarakat," kata Taufiq.

Lebih dari itu, kata Taufiq, penghargaan atas predikat BB perlu diwujudkan melalui perubahan budaya kerja ASN dalam memberikan pelayanan yang prima untuk masyarakat.

"Predikat BB maupun A itu bukan tujuan tapi merupakan pintu menuju perubahan budaya kerja di OPD dalam  melayani masyarakat," ujarnya.

Sebagai informasi, SAKIP merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran, dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

Penilaian SAKIP pemerintah daerah dibagi menjadi 7 kategori, yakni paling rendah D dengan rentang nilai 0-30. Kemudian kategori C untuk nilai 30-50, CC untuk nilai 50-60, B untuk nilai 60-70, BB untuk nilai 70-80, dan A untuk nilai 80-90. Adapun kategori tertinggi yaitu AA dengan hasil penilaian 90-100. (wid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com