SMK Negeri 2 Magelang Adakan Gelar Karya P5 Tari dan Drama

SMK Negeri 2 Magelang Adakan Gelar Karya P5 Tari dan Drama

TARI. Pentas seni tari dan drama yang ditampilkan oleh siswa-siswi fase E dan F SMK Negeri 2 Magelang dalam gelar karya P5. (Foto: dokumentasi SMKN 2 Magelang)--Magelangekspres.com

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID – SMK Negeri 2 Magelang mengadakan gelar karya P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dengan tema "Merdeka Berkarya Gali Estetika Nusantara".

Salah satunya yaitu berupa pentas seni tari dan drama yang ditampilkan oleh siswa-siswi fase E dan F.

Pentas seni ini dilaksanakan 2 hari berturut-turut pada Kamis-Jumat (15-16/12/2022) pukul 08.00-14.00 WIB dan pada hari Jumat pukul 07.30-11.30 WIB tepatnya di Lapangan Basket SMKN 2 Magelang.
Banyak pentas seni yang ditampilkan pada gelar karya kali ini, apalagi pentas seni yang terdapat dari berbagai daerah di nusantara. Seperti pada hari Kamis terdapat tari topeng ireng, ruai, gedruk, ondel-ondel, piring, angguk, dan pendet.

Tidak hanya tari, namun juga terdapat drama yaitu timun mas dan latongko.
Mereka latihan tari kurang lebih 2 sampai 3 bulan, ada yang dipandu langsung oleh guru pembina atau belajar sendiri melalui media sosial.

Selain itu terdapat juga kendala yang terjadi ketika mempersiapkan tari, seperti yang disampaikan salah satu siswi peserta tari yaitu Citra Widya Kusumawardani kelas XI MPLB 3.

"Kadang ketika mau latihan, nyari waktu buat latihan itu susah sampai kadang engga jadi latihan. Tapi akhirnya bisa terlaksana dengan baik di hari H, dan ikut kegiatan itu rasanya senang karena bisa ikut memeriahkan acara Gelar Karya P5," ujarnya.

Tidak kalah seru pada hari selanjutnya yaitu, Jumat juga terdapat pentas seni tari dan juga drama dari berbagai daerah. Di antaranya adalah tari kipas, topeng ireng, saman, kalang sunda, warok, sajojo dan juga drama dolanan anak.

Penonton seperti guru-guru, tamu undangan dan wali murid terlihat takjub saat menyaksikan penampilan siswa-siswi SMKN 2 Magelang, terlebih saat tari topeng ireng yang bersamaan sebagai pengiring tamu undangan.

"Seru, sangat menyenangkan bisa melihat pentas seni dari berbagai daerah di satu tempat," ujar salah satu siswi peserta Gelar Karya P5, Amirotun Rohmah.
Dengan diadakan gelar karya P5 ini banyak yang merespon, bahwa mereka merasa senang dengan adanya pentas seni pada gelar karya kali ini. Seperti yang diutarakan Ibu Genduk Sri Lestari R SPd selaku guru pendamping P5.

"Sangat mengapresiasi diadakannya pentas seni dalam gelar P5 ini. Dengan gelar karya P5 bisa menunjukkan kepada publik bahwa SMKN 2 Magelang mempunyai bibit-bibit unggul di dunia kesenian, jadi SMKN 2 Magelang tidak hanya unggul di bidang akademik saja. Selain itu gelar P5 menjadi hiburan sarana refreshing bagi siswa setelah menyelesaikan PAS gasal," tuturnya. (adv/homsa&callista Tim Jurnalistik Skanida)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com