Malam Tahun Baru di Kota Magelang Tanpa Kembang Api

Malam Tahun Baru di Kota Magelang Tanpa Kembang Api

TANPA KEMBANG API. Malam pergantian tahun 31 Desember mendatang dipastikan tidak ada pesta kembang api di Alun-alun Kota Magelang.(foto : wiwid arif/magelang ekspres)--Magelangekspres.com

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Pemkot Magelang tak menggelar pesta kembang api pada perayaan tahun baru 2023. Namun kali ini, seiring dengan melandainya tingkat keparahan Covid-19, pembatasan khusus masyarakat tidak diterapkan secara ketat.

Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz mengatakan bahwa pemerintah tidak menganggarkan penyelenggaraan pesta malam tahun baru 2023. Namun demikian, pemerintah juga tidak membatasi ketat masyarakat yang ingin mengunjungi pusat-pusat keramaian, asalkan tetap tertib dan menjaga kondusivitas daerah.

Ia menambahkan, saat ini pemerintah pusat telah menerapkan PPKM level 1. Itu berarti bahwa masyarakat bisa leluasa beraktivitas.

Masyarakat pun dipersilakan jika akan menggelar kegiatan sendiri di fasilitas umum dengan syarat telah mendapatkan izin dari Direktorat Intelijen Polri.

“Pesta boleh (malam tahun baru) silakan, tidak ada larangan. Tidak dibatasi, tapi kalau mau melaksanakan sendiri harus ada izinnya,” katanya.

Plt Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Magelang, Sarwo Imam Santosa menambahkan bahwa tidak ada Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) untuk menggelar pesta kembang api di Alun-alun.

“Pemkot tidak menggelar kembang api, karena memang tidak ada dalam anggaran,” kata Imam.

Sementara itu, Kapolres Magelang Kota AKBP Yolanda Evalyn Sebayang mengimbau masyarakat tak merayakan malam pergantian tahun dengan cara-cara berlebihan. Kepolisian, lanjutnya, juga meminta masyarakat tidak menggelar konvoi yang dapat mengganggu kelancaran lalu lintas.

“Pawai konvoi tetap diimbau tidak dilakukan karena bisa mengganggu keselamatan dan kenyamanan masyarakat pengguna jalan raya,” ujarnya.

Kepolisian saat ini mulai menerjunkan ratusan personel untuk melakukan pengamanan di tempat-tempat ibadah maupun fasilitas publik lainnya, menjelang perayaan Natal.

“Kami turut dibantu dari jajaran TNI Kodim 0705/Magelang, Pemkot Magelang, dan seluruh stakeholders yang ada, untuk melakukan pengamanan sehingga kondusivitas daerah senantiasa terjaga di wilayah kita,” ungkapnya. (wid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com