Jangan Lakukan 5 Hal Ini Dirumah Jika Tidak Mau Sial

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Dirumah Jika Tidak Mau Sial

MITOS. Beberapa mitos yang masih dipercaya masyarakat sampai sekarang.(foto : IST/magelang ekspres)--Magelangekspres.com

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID – Indonesia memang terkenal dengan banyaknya tempat sakral yang memiliki kekuatan mistis. Tidak kalah, tempat tempat di sekitar kita pun dipercaya memiliki kekuatan supranatural atau kehadiran makhluk gaib yang hidup berdampingan dengan dunia manusia.

Seperti peribahasa dimana langit dijunjung disitu bumi dipijak, manusia pun harus menyadari bahwa ada hal yang pamali untuk dikerjakan dalam kehidupan sehari hari. Pamali adalah hal yang tidak boleh dilanggar atau dilakukan manusia atau bagi masyarakat Jawa dikenal dengan "ora elok" atau tidak boleh. Inilah lima hal yang tidak boleh dilakukan karena dipercaya akan membawa petaka.

1. Berkaca di malam hari

Berkaca atau menyisir menghadap kaca dipercaya akan memantulkan bayangan atau sosok yang mirip seseorang yang berkaca. Mitos tersebut diyakini dapat memanggil makhluk gaib yang menyerupai kembaran manusia. Selain itu, kegiatan ini diyakini bisa memanggil hantu ke tempat tersebut.

2. Bermain saat waktu maghrib

Pada usia belia atau anak kecil orang tua sering memanggil anak anak mereka untuk menyelesaikan kegiatan bermain saat adzan maghrib berkumandang. Ternyata, waktu maghrib atau pukul 18.00 WIB masuk ke dalam salah satu waktu yang menandai makhluk gaib keluar dari persembunyian atau waktu paling kuat berkumpulnya makhluk astral. Untuk itu, masyarakat sering menyelesaikan kegiatan sebelum adzan atau menghentikan kesibukan sejenak agar tidak diikuti oleh makhluk jahat.

3. Berfoto atau tidur dalam jumlah ganjil

Berbeda dengan kepercayaan Islam yang meyakini bahwa angka ganjil berarti baik, kepercayaan Jawa atau Sunda berbicara lain. “Jangan berfoto dengan jumlah ganjil” kalimat tersebut sering diikuti konon katanya orang yang tidak memiliki pasangan atau sendiri di dalam jepretan gambar akan mendapatkan kemalangan atau kesialan.

4. Membuka payung di dalam rumah

Payung adalah barang yang sangat dibutuhkan dalam kondisi pancaroba dan hujan. Namun, seseorang harus menanggalkan payungnya sebelum masuk ke rumah. Hal ini berlaku juga saat seseorang ingin keluar rumah menggunakan payung.  Mitos ini ternyata masih berlaku hingga saat ini. Jangan membuka payung di dalam rumah berkaitan dengan mitos dampak kepada pemilik rumah yang bisa mendapat musibah atau kesulitan disaat seseorang membuka payung di dalam rumahnya.

5. Menyapu di malam hari

Sebagai cara jitu untuk menjaga dan merawat kebersihan rumah, ternyata pemilik rumah tidak boleh menyapu sembarangan khususnya di malam hari. Sebuah kepercayaan mengatakan, menyapu di malam hari dapat membuang rezeki yang seharusnya bisa datang ke rumah. Terlebih lagi, mitos ini dapat menyebabkan penghuni rumah mendapatkan kesusahan karena menolak atau memotong rezeki. (mg4)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com