Simak! Tips Efektif Mencapai Kebebasan Finansial

Simak! Tips Efektif Mencapai Kebebasan Finansial

FINANCIAL FREEDOM. Kebebasan finansial adalah kondisi seseorang yang terlindung dari segala resiko keuangan karena telah merdeka dari utang serta memiliki penghasilan pasif yang stabil. foto : IST/magelang ekspres--

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID – Memanajemen sebuah keuangan menjadi hal penting. Sebab dengan pengelolaan uang yang baik, individu dapat merencanakan keuangan jangka pendek dan jangka panjang secara seimbang hingga mencapai kebebasan finansial. Selain itu, pengaturan keuangan yang efektif serta efisien agar mengurangi pengeluaran yang membuat boncos atau rugi.

Financial freedom atau kebebasan finansial adalah kondisi merdeka ekonomi dari seseorang. Sehingga seseorang akan terbebas dari segala jenis pengeluaran serta memiliki penghasilan pasif yang sudah cukup menutup semua kebutuhan hidup. Merdeka secara finansial akan melindungi seseorang dari semua resiko dan tidak lagi pusing saat mengeluarkan uang hanya untuk bersenang-senang.

Inilah beberapa cara mengelola keuangan yang baik untuk mencapai financial freedom atau kebebasan finansial. Hal yang pertama adalah miliki tiga jenis pendapatan yang wajib kamu punya, meliputi pendapatan aktif, portofolio, dan pendapatan pasif.

Pendapatan aktif dapat diperoleh melalui gaji dan laba usaha. Untuk pendapatan portofolio dapat dimiliki dengan berinvestasi kepada produk-produk keuangan seperti saham, reksadana, dan obligasi, nantinya hasil dari pendapatan portofolio adalah dividen, capital gain, dan kupon.

Sedangkan, pendapatan pasif didapatkan dari sewa properti, royalti, rental kendaraan, franchise usaha, kelas online, adsense dan lain sebagainya.

Setelah mendapatkan pendapatan dari ketiga lini tersebut, aturlah penghasilan kamu dengan konsep 10-20-30-40 yang berarti 10% untuk kebaikan (sedekah, amal, dan berbagi), 20% untuk masa depan (tabungan, dana darurat, investasi, dan asuransi), 30% untuk cicilan (rumah, kendaraan, alat kerja), dan 40% untuk kebutuhan (makan dan minuman, transportasi, utilitas, pendidikan, dan rekresi).

Terakhir, pakailah cara ini untuk mendapatkan financial freedom atau kebebasan finansial. Pertama, carilah uang dengan bekerja/berbisnis/berdagang, amunisi keuangan ini dapat dilanjutkan dengan pengelolaan uang yang baik melalui money management dan financial planning, lalu lipat gandakan uang tersebut dengan cara investasi. (mg4)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres