Keren! Disdukcapil Kota Magelang Tetap Buka di Hari Libur

Keren! Disdukcapil Kota Magelang Tetap Buka di Hari Libur

OPTIMAL. Disdukcapil Kota Magelang membuat terobosan buka jam operasional layanan di hari libur, Sabtu, 28 Januari 2023. foto : dok capil kota magelang/magelang ekspres--magelang ekspres

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Sebagai bentuk komitmen peningkatan layanan kepada masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Magelang tetap membuka jam operasional saat akhir pekan atau week end, Sabtu, 28 Januari 2023.

Upaya ini dilakukan agar masyarakat pekerja tetap terfasilitasi mendapatkan layanan administrasi kependudukan di saat mereka punya waktu luang.

Kepala Disdukcapil Kota Magelang, Larsita mengatakan bahwa tidak ada yang berbeda layanan khusus hari libur ini dengan hari biasa. Masyarakat dapat memanfaatkan tambahan operasional Disdukcapil untuk mengurus segala kebutuhan administrasi kependudukan.

Menurutnya, komitmen tambahan jam kerja ini dalam rangka meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan di Kota Magelang. Untuk diketahui capaian ketertiban administrasi kependudukan di Kota Magelang selalu berada di poisisi lima besar rangking terbaik se-Jawa Tengah.

Dia menyebut, antusias pemohon layanan Disdukcapil sangat tinggi, terutama saat tambahan jam operasional di libur akhir pekan. Pada Sabtu, 28 Januari 2023 hingga siang hari tercatat Disdukcapil melayani 3 pembuatan KK, 10 perubahan KK, 42 perekaman e-KTP, 10 cetak e-KTP, 8 cetak KIA, 5 akta kelahiran, dan 10 IKD.

"Kami terus melakukan inovasi terutama untuk meningkatkan kualitas layanan masyarakat. Ada ide untuk buka operasional di hari libur, dan kita wujudkan. Alhamdulillah antusias masyarakat justru lebih tinggi dibanding hari biasa," ujarnya.

Larsita menuturkan, alasan pihaknya membuka layanan ketika instansi lainnya libur, karena justru pada momen libur akhir pekan, permintaan layanan administrasi kependudukan (adminduk) biasanya mengalami lonjakan.

”Banyak yang mau rekaman tapi tidak bisa, karena harus bekerja, ada juga yang tinggal di luar kota. Nah, maka dari itu kami berpikir karena banyak yang akan meminta layanan kami, sehingga kami harus buka layanan ini saat hari libur," terangnya.

Dengan membuka layanan pada hari libur akhir pekan, lanjut Larsita, para pekerja, karyawan, atau mahasiswa yang sedang berada di luar kota, bisa tetap terlayani dengan baik. Beberapa layanan yang dibuka antara lain, perekaman e-KTP, cetak e-KTP, perbaharui KK, maupun KIA, akta kelahiran, dan sebagainya.

“Semua jenis layanan adminduk kita buka. Ada 24 jenis, dan kita layani semuanya,” tandasnya.

Tambahan hari operasional saat hari libur ini mendapat tanggapan positif dari warga. Terutama mahasiswa luar kota yang sedang pulang ke Kota Magelang.

"Sangat inovatif karena memfasilitasi orang-orang seperti saya, yang bisa pulang ketika week end saja," tutur Wahida, mahasiswa UGM Jogjakarta itu. (wid)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres