44 Barung Magelang Utara Bersaing dalam Pesta Siaga 2023

44 Barung Magelang Utara Bersaing dalam Pesta Siaga 2023

PESTA SIAGA. Ketua Kwarran Magelang Utara kak Agus Kristiyanto MPd mengucapkan selamat kepada sekolah yang meraih juara, Rabu (16/2).(foto : Heni/magelang ekspres)--magelang ekspres

MAGELANG UTARA, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Sebanyak 44 barung putra dan putri se Kwartir Ranting Magelang Utara mengikuti pesta siaga tahun 2023.

Kegiatan pesta siaga digelar di MTs Negeri 1 Ngembik Kota Magelang, Kamis 16 Februari 2023, dibuka oleh Camat Magelang Utara selaku Majelis Pembimbing Kwarran.

Hadiri Ketua Kwarran Kak Agus Kristiyanto MPd, Ketua Kwarcab Kota Magelang Kak Hamzah Kholifi SSos, MSi, petugas Polsek, Petugas Koramil serta Kamabigus dari 22 Perindukan di Magelang Utara.

Tema Pesta Siaga kali ini bertemakan ASIK (Aktif, Santun, Inovatif dan Kreatif ) Ketua penyelenggara Kak Tugiyo, SPd SD dalam mengatakan, terselenggaranya pesta siaga 2023 bertujuan membina dan mengembangkan kekeluargaan dan persaudaraan antar sesama pramuka siaga, mengembangkan sikap terbuka antar pramuka siaga dengan tambahan pengalaman, pengetahuan, dan kecakapan.

Memupuk rasa persatuan dan kesatuan, wawasan kebangsaan, serta kesadaran berbangsa dan bernegara.

Kak Tugiyo menjelaskan, Pesta Siaga Tingkat Kwartir Ranting Magelang diikuti total 440 peserta. Mereka terdiri dari 44 orang pendamping, dan 396 peserta.

Lomba diikuti 396 siswa perwakilan dari 23 gugus depan Kwarran Magelang Utara, yang masing-masing mengirimkan barung putra dan putri. Masing-masing barung terdiri dari 8 anggota.

Materi yang dilombakan antara lain ketaqwaan, toleransi, tanda pengenal Pramuka Siaga, ketangkasan, scouting skill, fun ball, wawasan kebangsaan dan budaya, bumbung kemanusiaan, kebersihan lingkungan dan vlog.

“Akan diambil barung tergiat 1, 2, dan 3 putra dan putri serta harapan 1, 2, 3 putra dan putri. Barung tergiat 1 berhak mengikuti Pesta Siaga tingkat Kwarda Jawa Tengah di Binwil Kedu Tahun 2023 pada tanggal 18 Maret 2023 yang akan dilaksanakan di Taman Kyai Langgeng dan Kwarcab Kota Magelang sebagai tuan rumah,” imbuhnya.

Ketua kwartir Ranting Magelang Utara, kak Agus menyampaikan Pesta siaga merupakan wadah silaturahmi untuk peserta dengan memperlihatkan kreasi, semangat dan kebersamaan.

Kak Agus berharap, siapapun yang akan menjadi pemenang merupakan pilihan terbaik yang akan berkompetisi di tingkat selanjutnya.

Berakhir di penghujung acara berikut pemenang pesta siaga Magelang Utara tahun 2023. Pemenang pesta siaga 2023 putra, tergiat 1 diraih SDN Kedungsari 4, tergiat 2 diraih SDN Potrobangsan 3, tergiat 3 diraih SD IT Ikhsanul Fiqri.

Pemenang Pesta Siaga Putri, tergiat 1 diraih SDN Kedungsari 1, tergiat 2 diraih MI Al-Iman dan tergiat 3 diraih SDN Kedungsari 4. (hen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres