Satu Pekan Jelang Lebaran, Harga Daging di Temanggung Masih Stabil

Satu Pekan Jelang Lebaran, Harga Daging di Temanggung Masih Stabil

Satu pekan jelang lebaran, harga daging sapi dan daging ayam di pasar Temanggung terpantau stabil.-Huni Wejang-Magelang Ekspres

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Satu pekan menjelang hari Raya Idul Fitri 1444 H, harga daging ayam dan daging sapi di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Temanggung belum menunjukkan adanya kenaikan.

Kedua komoditas kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas) tersebut masih terpantau stabil. 

Pedagang daging, Sumarsih (46) mengatakan, sampai saat ini penjualan daging masih stabil di angka Rp130.000 hingga Rp135.000 per kilogram untuk kualitas super. 

"Harga daging sapi masih stabil, belum ada kenaikan harga. Konsumen yang beli juga belum terlalu banyak. Sekarang harganya Rp130.000 sampai Rp135.000 per kilogram," katanya, Sabtu, 15 April 2023.

Sumarsih mengatakan, untuk ketersediaan daging sapi masih tercukupi.

Setiap harinya, pihaknya mendapat satu kuintal daging yang disiapkan Rumah Pemotongan Hewan (RPH) guna  memenuhi konsumsi masyarakat. 

Sementara Suparti (42), pedagang ayam potong juga menyebut, hingga saat ini harga daging ayam juga terpantau masih stabil.

Yakni pada kisaran harga Rp31.000 hingga Rp33.000 per kilogram.

"Harga daging ayam potong masih Rp33.000 per kilo, kalau daging glongsongan Rp31.000 dan belum ada kenaikan harga," jelas Suprapti.

Meski tidak ada kenaikan harga, Suparti menyebut penjualan sempat mengalami penurunan bahkan sepi pembeli. 

"Diperkirakan pembeli ramai itu pada H-2 dan H-1 lebaran nanti," imbuhnya. 

Kepala UPT Pengelolaan Pasar Daerah Temanggung, Aditya Hendi Kurniawan mengatakan, jumlah pasokan daging yang memadai menjadi faktor utama stabilnya harga daging sapi dan daging ayam jelang Lebaran. 

"Sampai saat ini belum ada kenaikan harga kedua komoditas daging itu, bahkan belum ada lonjakan pembeli. Untuk stok daging sapi dan ayam sampai saat ini juga masih aman.

Untuk stok daging sapi itu per hari di pasar Temanggung 0,87 ton, dan ayam 1,78 ton," jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com