Bacaan Doa Shalat Lailatul Qadar dan Keistimewaannya

Bacaan Doa Shalat Lailatul Qadar dan Keistimewaannya

Ilustrasi shalat malam Lailatul Qadar-Istimewa-Magelang Ekspres

MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Malam Lailatul Qadar juga dikenal sebagai malam 1000 bulan karena nilai kebaikan pada malam ini dihitung seperti melakukan ibadah selama 1000 bulan atau lebih dari 83 tahun.

Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam Surat Al-Qadr ayat 3 yang artinya "Malam itu lebih baik dari seribu bulan".

Makna dari malam 1000 bulan adalah menunjukkan betapa besar nilai kebaikan yang dapat diperoleh pada malam Lailatul Qadar.

Setiap amalan kebaikan yang dilakukan pada malam ini akan mendapatkan pahala yang setara dengan melakukan ibadah selama 1000 bulan atau lebih.

Oleh karena itu, malam Lailatul Qadar merupakan kesempatan emas bagi umat muslim untuk mendapatkan pahala yang besar.

Dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim, Nabi Muhammad SAW bersabda "Cari malam Lailatul Qadar pada sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan".

Oleh karena itu, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah pada sepuluh malam terakhir Ramadhan dan berdoa agar diberikan kesempatan untuk mengalami malam Lailatul Qadar.

Lailatul Qadar adalah malam yang sangat istimewa di mana Allah SWT menurunkan malaikat serta penuh berkah dan keberkahan.

Malam Lailatul Qadar ini terjadi pada sepuluh malam terakhir Ramadan, namun tanggal pastinya tidak diketahui, sehingga dianjurkan untuk memperbanyak ibadah di sepuluh malam terakhir agar tidak kehilangan kesempatan untuk mendapatkan keberkahan dan rahmat dari Allah SWT.

Shalat Lailatul Qadar

Shalat Lailatul Qadar adalah ibadah yang sangat dianjurkan pada malam-malam terakhir Ramadan.

Shalat ini dilakukan dengan cara yang sama seperti shalat malam pada umumnya. Namun dilakukan dalam rangka mencari keberkahan dan rahmat dari Allah SWT di malam yang istimewa ini.

Shalat Lailatul Qadar dianjurkan dilakukan pada sepuluh malam terakhir Ramadan, terutama pada malam ganjil, yaitu malam ke-21, ke-23, ke-25, ke-27, atau malam ke-29.

Dalam shalat Lailatul Qadar, umat muslim dianjurkan untuk melaksanakan shalat sunnah tahajud terlebih dahulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.id