Megawati Tetapkan Ganjar Pranowo Jadi Capres dari PDIP

Megawati Tetapkan Ganjar Pranowo Jadi Capres dari PDIP

Ketua Umum PDIP Megawati mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai capres dari PDIP.-Tangkapan Layar Istimewa-YouTube

JAKARTA, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Teka teki soal siapa kandidat yang akan dicalonkan PDI Perjuangan terjawab sudah. Di luar ekspetasi publik, PDI Perjuangan melalui Ketua Umum Megawati Soekarno-Putri mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden dari PDIP.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri, resmi mengumumkan calon presiden dari partainya, pada Jumat 21 April 2023.

Menurutnya, penetapan calon presiden dari PDIP sudah melalui proses dan perenungan yang dalam. Penetapan ini juga merupakan harapan rakyat.

“Pada jam 13.45 dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, menetapkan saudara Ganjar Pranowo sekarang adalah Gubernur Jawa Tengah sebagai kader dan petugas partai, ditingkatkan penugasannya sebagai calon presiden," ujar Megawati.

Megawati mengatakan keputusan tersebut mendasari pada dialog dan kesepakatan sejumlah petinggi maupun tokoh partai.

“Termasuk Presiden Bapak Joko Widodo juga dengan jajaran internal partai, juga dengan Mas Prananda Prabowo, Mbak Puan Maharani, kader dan petugas partai, yang telah digembleng menjadi pemimpin,” ujarnya.

Untuk diketahui, PDIP sendiri adalah satu-satunya partai di parlemen saat ini yang bisa mengusung calonnya sendiri tanpa berkoalisi.

Meskipun demikian, jajaran PDIP yang dipimpin Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto telah melakukan serangkaian komunikasi politik ke sejumlah parpol.

Dalam beberapa hari terakhir, PDIP memang kerap dikaitkan dengan bakal Koalisi Indonesia Besar (KIB) yang kemungkinan bakal dihuni gabungan koalisi pendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Koalisi besar tersebut diketahui potensial bakal diisi Golkar, PAN, PPP, dan Gerindra. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.id