Libur Lebaran 2023, Volume Sampah di Temanggung Meningkat 30 Persen

Libur Lebaran 2023, Volume Sampah di Temanggung Meningkat 30 Persen

Kepala Dinas DPR-KPLH, Hendra Sumaryana-FOTO : HUNI WEJANG-MAGELANG EKSPRES

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPR-KPLH) Kabupaten Temanggung mencatat adanya peningkatan jumlah volume sampah hingga 30 persen di TPA Sanggrahan, Kranggan, Temanggung selama libur lebaran 2023.

Kepala Dinas DPR-KPLH, Kabupaten Temanggung, Hendra Sumaryana mengungkapkan, kenaikan volume sampah diakibatkan meningkatnya aktivitas warga serta banyaknya pemudik yang masuk.

"Terkait libur lebaran, sebelumnya kita memang sudah prediksi volume sampah akan naik 20-30 persen. Utamanya sampah rumah tangga sisa makanan, karena pada saat hari Raya masyarakat banyak membuat makanan untuk kunjungan handai taulan," kata Hendra Sumaryana, Senin, 1 Mei 2023.

BACA JUGA:Semarak Gerak Jalan Sehat dan Donor Darah Pada Peringatan Hari Buruh di Temanggung

Hendra Sumaryana menyebutkan, kenaikan jumlah volume sampah dihitung sejak awal libur lebaran hingga puncak libur lebaran pada 30 April 2023.

Dalam jangka waktu tersebut, tercatat kenaikan sampah di Kabupaten Temanggung mencapai 30 persen atau meningkat 80 ton per hari dari kondisi normal.

BACA JUGA:Bantu Korban Longsor di Bansari, BPBD dan PMI Salurkan Bantuan Logistik

"Kondisi normal 130 ton per hari, pada awal libur lebaran hingga puncak lebaran sampai dengan 200-210 ton per hari," tuturnya.

Selama libur lebaran, lanjut Hendra, pihaknya telah menerjunkan 230 personel di bidang persampahan mulai dari pengambilan sampai dengan tahap pemrosesan akhir.

BACA JUGA:Festival Balon Udara, Jurus Jitu Dongkrak Pariwisata Temanggung

"Pada libur lebaran kemarin kita siagakan 230 personel di bidang persampahan," kata dia.

Terutama difokuskan pada tempat-tempat wisata yang menjadi kunjungan favorit wisatawan, agar seluruh wilayah Temanggung dalam keadaan bersih. (mg3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres