Khusus Warga Magelang Raya, Begini Cara CEK Penerima Bansos Pangan Terbaru Mei 2023

Khusus Warga Magelang Raya, Begini Cara CEK Penerima Bansos Pangan Terbaru Mei 2023

Cara cek bansos pangan Kemensos pangan bagi warga Magelang dan sekitarnya-FOTO : ISTIMEWA/CANVA.COM-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Bantuan sosial pangan yang digelontorkan pemerintah melaui Kementerian Sosial RI kepada warga di eks-Karesidenan Kedu, meliputi Kota Magelang, Kabupaten Magelang, Temanggung, Purworejo, Wonosobo, dan Kebumen masih akan berlangsung hingga Mei 2023.

Ketahui nama Anda apakah masuk dalam kritetia keluarga manfaat (KPM).

Pemerintah saat ini telah mengalokasikan anggaran bantuan sosial (bansos) Rp8,2 triliun buat masyarakat tidak mampu berupa beras, telur, dan ayam.

Besar Bantuan Sosial Pangan

Bantuan beras akan diberikan 10 kg kepada 21,3 juta keluarga penerima manfaat (KPM) selama tiga bulan yakni Maret, April, dan Mei.

Kriteria penerimanya merupakan keluarga yang masuk daftar program keluarga harapan (PKH) dan penerima bantuan pangan non tunai.

Untuk mengetahui penerima Bantuan Sosial Pangan, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Tahap 2 dapat mengakses link Cekbansos.kemensos.go.id.

Link cek Bansos akan menampilkan nama penerima jika Bansos sudah mulai disalurkan.

Sesuai program, bantuan sembako berupa beras, daging, dan telur akan tetap disalurkan pada Mei setelah Lebaran.

Pasalnya, pada tahun 2023, pemerintah memberikan bantuan sembako hanya selama 3 bulan, yaitu sebelum dan sesudah lebaran.

Adanya bansos sembako diharapkan dapat membantu meringankan beban KPM dalam memenuhi kebutuhan sembako sehari-hari jika terjadi kenaikan harga komoditas di pasaran.

Usai Lebaran, bantuan sembako kembali disalurkan untuk tahap kedua.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) yang menyatakan proses penyaluran bantuan pangan berbasis beras tahap kedua yang dilakukan Bulog sudah dimulai.

Bantuan beras tersebut akan disalurkan kepada 21,3 juta Rumah Tangga Penerima Manfaat (KPM) di 38 provinsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres