"Kick Off" Komitmen Atasi Stunting di Temanggung Dimulai

Pemkab Temanggung memulai Gerakan Kick Off 'Bersama Atasi Stunting'-FOTO : HUNI WEJANG-MAGELANGEKSPRES

TEMANGGUNG, MAGELANGEKAPRES.DISWAY.ID - Sebagai bentuk keseriusan dan komitmen dalam penanganan stunting di Kabupaten Temanggung, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung memulai Kick Off Gerakan Bersama Atas Stunting yang digelar di Alun-alun Temanggung, Jumat, 12 Mei 2023.

Bupati Temanggung, HM Al Khadziq menyampaikan, dalam penanganan stunting, diperlukan adanya komitmen yang berkelanjutan dari semua pihak yang terlibat.

"Alhamdulillah anggarannya sudah siap semua, DPRD sudah merelakan dana aspirasinya 16 milyar, Kepala Desa lebih dari 18 milyar dari anggaran dana desa, dan juga dana dari Pemkab Temanggung. Semuanya untuk kepentingan stunting," katanya.

BACA JUGA:Untung Haryanto Dilantik Jadi PAW Anggota DPRD Gantikan Yeni Kusnita

Pada pelaksanaannya, gerakan 'Bergerak Bersama Atasi Stunting' nantinya akan memberikan makanan tambahan kepada ibu hamil Kekurangan Energi Kronis (KEK) dan Baduta Stunting selama 90 hari berturut-turut.

Selain itu, kegiatan juga akan dilaksanakan dengan pemberian tablet tambah darah bagi remaja putri, yang akan rutin dibagikan setiap satu minggu sekali.

"Kita akan mulai gerakan bersama atasi stunting ini dengan pemberian makanan tambahan pada ibu hamil KEK dan anak-anak Baduta stunting, pemberian tablet tambah darah, dan juga kampanye Jo Kawin Bocah, yang akan dimulai sejak tingkat kabupaten, kecamatan, hingga seluruh desa di kabupaten Temanggung tanpa terkecuali," lanjutnya.

BACA JUGA:Inilah Daftar Harga Emas Terbaru di Magelang

Secara teknis, pemberian makanan tambahan akan dilakukan dengan pembukaan dapur umum oleh kader-kader PKK di masing-masing wilayah.

Nantinya, dapur umum inilah yang akan memasak dan mengirimkan makanan tambahan kepada sasaran stunting di setiap harinya. Dengan begitu, diharapkan angka stunting di Kabupaten Temanggung dapat turun secara drastis.

"Saya ucapkan terima kasih atas kekompakan kita semua, angka stunting di Kabupaten Temanggung terus menurun. Tetapi apapun itu, kita ingin anak Temanggung ke depan tumbuh sehat sebagai generasi emas di masa yang akan datang," imbuhnya.

BACA JUGA:Bocoran Dan Sinopsis Episode 10 Drakor Netflix Doctor Cha Nanti Malam!

Hal senada juga diungkapkan oleh Gubernur Jawa Tengah melalui Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Jawa Tengah, Ihwan Sudrajat yang menyatakan apresiasinya atas terselenggaranya gerakan kick off atasi stunting di Kabupaten Temanggung.

"Kegiatan ini sangat penting, karena Jawa Tengah sedang aktif dan bersemangat mengatasi stunting," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres